Kesehatan Pilihan

Tips Membuat Tubuh Kuat Melawan Ekstrimnya Pancaroba

6 Desember 2018   16:35 Diperbarui: 6 Desember 2018   20:25 124 2 1

Pancaroba adalah masa peralihan antara musim kemarau dan musim penghujan. Cuaca yang tidak menentu seperti kemarau kemudian terjadi hujan secara tiba-tiba membuat kondisi tubuh rentan terserang penyakit. Macam-macam penyakit yang sering menyerang dimusim pancaroba yaitu flu, alergi, panas dalam, batuk, hingga diare. Jika tidak pintar menjaga kondisi tubuh maka bersiaplah terkena salah satu atau beberapa dari penyakit tersebut.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk membentengi tubuh dari ekstrimnya musim pancaroba.

Makan-makanan yang sehat

Makanan yang kita makan jelas berpengaruh terhadap sistem imun serta kekebalan tubuh kita. Mengkonsumsi buah dan sayur dapat membantu menjaga tubuh tetap fit dan sehat sehingga akan terhindar dari penyakit-penyakit yang ingin menyerang.

Mencukupi asupan mineral

Tubuh kita memerlukan minimal 2 liter air putih perhari. Dengan mencukupi asupan air tersebut, tubuh kita akan selalu terdetoks secara alami dan memperlancar proses pembuangan racun didalam tubuh.

Sempatkan waktu untuk berolahraga

Olahraga sangat penting dilakukan karena dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Jika tidak memiliki waktu luang untuk melakukan olahraga, berjalan kaki 10 menit perhari atau naik turun tangga bisa menjadi alternatif bagi anda yang sibuk.

Menjaga kebersihan tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan adalah pangkal kesehatan. Menjaga kebersihan tubuh merupakan suatu keharusan agar tubuh terhindar dari bakteri sumber penyakit. Salah satu cara menjaga kebersihan tubuh yaitu mencuci tangan sebelum makan.

Mengkonsumsi vitamin

Beberapa orang terlahir dengan kondisi kekebalan tubuh yang tidak begitu kuat. Orang-orang seperti ini biasanya lebih rentan terserang penyakit. Itulah sebabnya penting mengkonsumsi vitamin penambah daya tahan tubuh, dan terlebih bagi mereka yang terbiasa dengan pola hidup kurang sehat.

Perlu selalu diingat bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan menjaga kesehatan kita telah mencintai diri kita sendiri, dan ketika tubuh kita sehat maka semua aktivitas akan terasa mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Karena kesehatan adalah dasar dari kehidupan yang sesungguhnya.