Mohon tunggu...
Lis Liseh
Lis Liseh Mohon Tunggu... Apoteker/Pengajar

Apoteker dan Pengajar di Pesantren Nurul Qarnain Jember | Tertarik dengan isu kesehatan, pendidikan dan filsafat | PMII | Fatayat NU. https://www.facebook.com/lis.liseh https://www.instagram.com/lisliseh

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Menu Sahur Sehat #AntiRibet Ala Apoteker

13 Mei 2019   14:51 Diperbarui: 13 Mei 2019   14:55 110 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menu Sahur Sehat #AntiRibet Ala Apoteker
Menu sahurku yang anti ribet. Biskuit Gandum (sumber karbohidrat kompleks), susu coklat (sumber protein), dan buah kesukaanku, apel.

Apa menu favorit kalian saat sahur? Sahur memegang peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Ada beberapa orang yang akan lemas jika tidak sahur atau mengalami gangguan pencernaan karena salah makan saat sahur. Sehingga, tak salah jika Rasulullah bersabda bahwa sahur memiliki beberapa keutamaan, diantaranya, sahur sebagai pembeda antara puasa kita dengan puasanya Ahli Kitab. Serta dalam makanan yang kita santap saat sahur, terdapat barokah dan tentu saja dengan sahur kita dapat mempersiapkan tubuh kita yang akan berpuasa seharian. 

Nah, biar kita tidak salah makan atau salah pilih menu saat sahur, berikut terdapat beberapa tips memilih menu sehat #antiribet untuk santap sahur.

Karbohidrat

Asupan karbohidrat penting sebagai sumber energi utama kita untuk mempersiapkan tubuh selama 12-14 jam berpuasa. Sumber karbohidrat tak selalu nasi, saat sahur dianjurkan memilih menu karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat yang memiliki susunan molekul kimia yang rumit dan umumnya juga mengandung banyak serat, mineral dan vitamin. Sehingga tubuh memerlukan waktu lebih banyak untuk mencerna dan dipandang lebih menyehatkan. Karena itulah, karbohidrat kompleks dapat membuat kita lebih tidak cepat lapar. Serat dalam karbohidrat kompleks dapat berfungsi membantu sistem pencernaan lebih lancar dan mengontrol kolesterol. Contohnya nasi merah, biji-bijian, jagung, gandum, sereal, oatmeal, dll. Bagi yang juga ingin mengontrol berat badan, karbohidrat kompleks menjadi pilihan tepat.

Protein

Menu kaya protein patut dijadikan pilihan utama sahur, sebab protein berfungsi sebagai cadangan energi, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, meningkatkan sistem imun serta menjaga kesembangan cairan tubuh selam puasa. Protein yang kita konsumsi akan dipecah menjadi asam amino dan peptida yang akan beredar dalam aliran darah dan kelebihannya disimpan pada otot, yang dapat digunakan saat tubuh kelaparan (otak akan merangsang otot untuk memecah asam amino dan peptida menjadi energi) sehingga kitta tidak akan lemas meski melakukann banyak aktivitas. Protein dibagi menjadi dua: hewani (misal, daging dan susu) dan nabati (misal, kacang-kacangan dan bayam). Namun konsumsi protein juga harus dibatasi, terutama protein hewani yang umumnya mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Sayur dan Buah

Selain karena mengandung banyak serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sayur dan buah juga memiliki sifat mengenyangkan lebih lama, sehingga cocok dijadikan menu sehat saat santap sahur. 

Minum yang Cukup

Kadang banyak dari kita, godaan puasa bukan karena laparnya tapi haus yang tak tertahankan, lebih-lebih bagi kompasianers yang memiliki aktivitas outdoor seharian selama puasa. Asupan cairan juga memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh dari dehidrasi. Cukupkan minum 2 L atau 8 gelas dalam rentang buka puasa hingga sahur. Jangan minum air secara terus menerus hanya untuk memenuhi target 8 gelas semalam, sebab dapat menyebabkan poliuria atau beser. Minumlah secara berkala, misal segelas sebelum buka puasa dan makan sahur, segelas setelah makan, segelas sebelum tarawih, segelas setelah tarawih, segelas sebelum tidur, segelas saat bangun tidur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x