Mohon tunggu...
Lisa Hariani
Lisa Hariani Mohon Tunggu... Mahasiswi Jurusan Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil💪

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mencegah Penyakit Menular (Covid-19) Sesuai Ajaran Rasulullah Saw

11 Agustus 2020   14:04 Diperbarui: 11 Agustus 2020   16:24 107 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencegah Penyakit Menular (Covid-19) Sesuai Ajaran Rasulullah Saw
Freepix.image

Setiap sesuatu yang terjadi di muka bumi ini adalah takdir yang telah ditetapkan Allah SWT sebagaimana penyakit menular (wabah) yang sedang terjadi pada masa sekarang ini, wabah atau penyakit menular merupakan sebuah sunnatullah yang akan selalu kita rasakan atau alami di dunia ini. 

Virus covid-19 yang kita alami sekarang ini telah ditetapkan menjadi pandemi atau wabah global oleh WHO. Bahwasannya Rasulullah SAW. Juga pernah mengalami masa-masa wabah. 

Sebagai muslim menjadi tugas kita untuk belajar tetap tenang mengdapi wabah corona dan berusaha keras menghindarinya agar tidak terkena virus corona sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Islam adalah agama mengajarkan pentingnya kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa. Rasulullah mengajarkan kita untuk berdoa kepada Allah agar diberikan kesehatan dan rahmatnya Islam juga mengajarkan kita bahwa tubuh kita adalah penopang kita, dan itu adalah tugas kita untuk menjaganya. 

Rasulullah SAW mengajarkan Islam untuk menyucikan diri antara lain mengajarkan beristinjaq setelah buang air besar dan kecil, berwudu, mandi besar, mencuci tangan, berkumur-kumur dan sikat gigi, membersihkan lubang hidung.

Ini semua merupakan sunnah Nabi dan semua dilakukan untuk mencegah kita terinfeksi dari virus maupun bakteri yang mengganggu kesehatan tubuh. Sunnah Nabi yang harus dilaksanakan di tengah pandemi virus corona ini adalah:

Berdiam diri dirumah (Masa Karantina)

Rasulullah SAW. Bersabda: 

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ وَعَنْ أَبِي النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ سَمِعَهُ يَسْأَلُ أُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ مَاذَا سَمِعْتَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الطَّاعُونِ فَقَالَ أُسَامَةُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّاعُونُ رِجْسٌ أُرْسِلَ عَلَى طَائِفَةٍ مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَوْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَإِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ بِأَرْضٍ فَلَا تَقْدَمُوا عَلَيْهِ وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَخْرُجُوا فِرَارًا مِنْهُ قَالَ أَبُو النَّضْرِ لَا يُخْرِجْكُمْ إِلَّا فِرَارًا مِنْهُ

Artinya:

Telah bercerita kepada kami 'Abdul 'Aziz bin 'Abdullah berkata, telah bercerita kepadaku Malik dari Muhammad bin Al Munkadir dan dari Abu an-Nadlar, maula 'Umar bin 'Ubaidullah dari 'Amir bin Sa'ad bin Abu Waqash dari bapaknya bahwa dia ('Amir) mendengar bapaknya bertanya kepada Usamah binZaid; "Apa yag pernah kamu dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tentang masalah tha'un (wabah penyakit sampar, pes, lepra)?". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN