Mohon tunggu...
Lis Setyowati
Lis Setyowati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Food Technology

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kesabaran Mendapatkan Kenikmatan

4 Februari 2022   19:58 Diperbarui: 4 Februari 2022   20:01 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

KESABARAN MENDAPATKAN KENIKMATAN

Oleh Lis Setyowati

Universitas Ahmad Dahlan

Nama saya Lis Setyowati, basa dipanggil orang orang dengan Lis atau lisset. Asal saya dari Demak Jawa Tengah. Alhamdulilah sekarang bisa berkuliah di Universitas Ahmad Dahlan dan sekarang menjalani semester 3. Saya berasal dari okeluarga yang biasa, bisa dibilang orang sederhana karena bapak dan ibuku seorang petani. Saya bangga menjadi anak dari bapak ibuku, karena mereka sangat gigih dan tak pernah mengeluh untuk mencari uang demi anak anaknya.

Dulu sewaktu masih sekolah SMA, dan berhubung waktu itu saya bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri Demak. Saya pernah berfikir untuk melanjutkan kuliah, tetapi dihati kecil saya Bapak ibuku mampu tidak ya? ,sehubungan pemikiran tersebut saya langsung konsultasikan ke bapak dan ibuku dan pada waktu itu saya menepati kelas 12. Bapak ibuku menyetujui saya untuk berkuliah. Tetapi saya masih berfikir lagi kedepannya bagaimana jika saya kuliah apalagi kalau ketrimanya di swasta kan? Pasti SPP juga gede.

Waktu itu sharing dengan temen temen, nah temen satuku ini dia yang ngasih tau kalau tahun ini ada KIP , kemudian saya mencari informasinya lebih lanjut dan saya menanyakan kedia karena yang lebih paham. Tidak tau kenapa waktu itu saya tidak ada niatan mengkuti besasiwa dan saya iseng daftar di laman kemendikbud tersebut.

Selepas itu saya mendaftar snmptn, sbmptn, pokoknya semua jalur saya ikutin agar bisa kuliah di negeri. Sebanyak 8 universitas saya daftari dengan jalur pendaftaran yang berbeda beda. Saya berusaha semaksimal mungkin dan waktu itu saya iringi dengan bangun disepertiga malam dengan berdoa " Ya Allah Berikan Jalan Untuk Hamba Agar Bisa Kuliah dan Membahagiakan Orang Tua" ucapku ketika selesai disepertiga malam tersebut.

Hari demi hari pengumuman telah bergantian, satu persatu aku gagal dan tidak ketrima di perguruan tinggi negeri tersebut, sebenarnya saya kecewa dan juga sedih tapi dikata lain tetap semangat Lis perjalanan masih panjang. Akhirnya waktu itu saya mencari info dan ada jalur di politeknik saya ajak teman saya daftar, karena aku yang paham jadi aku ngejelasin bagaimana cara daftarnya. Telah berlalu akhirnya ada pengumuman dan ternyata juga bukan jalanku disana, malahan temenku yang ketrima yang saya ajak tadi. Di dalam hati kecil saya bilang kok dia yang ketrima Ya Allah. Selepas itu saya mencoba mengikhlaskan dan mulai berusaha lagi.

Saya mulai berdoa, berdoa dan berdoa. Bangun disepertiga malam dan menangis minta pertolongan kepada Allah. Ucapku bilang " kenpa ya Allah sampai sekarang belum menemukan jalanku? Apakah jalanku ini tidak kamu ridhoi " batinku sambil meneteskan air mata. Karena waktu itu sempet putus asa dan sangat kecewa, temen temen terdekatku sudah banyak yang mendapatkan kampus impian mereka dan diposisi itu aku belum mendapatkannya.

Selepaas itu, secara tidak sengaja saya menemukan kampus yang membuka jalaur KIP kuliah dan saya sebenarnya juga iseng daftar sama temanku. Pada saat itu saya daftar di Perguruan Tinggi Swasta Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Dan saya segera mengurus administrasi berkas dengan temanku itu, karena ini adalah pendaftaran terakhir yang aku daftar soalnya sudah tidak ada lagi yang membuka . Alhamdulilahnya saya lolos seleksi administrasi, kemudian saya menyiapkan diri untuk mengikuti tes seleksi selanjutnya. Setelah mengikuti tes tulis kemudian juga tes wawancara, saya tidak dinyatakan keterima. Jujurly saya sangat sedih menangis dan kecewa karena harapanku bisa kuliah terakhir disitu. Kemudian saya terus berdoa agar diberikan jalan Allah SWT. Tidak tau kenapa keajaiban oleh Allah SWT ada 7 orang yang mengundurkan diri entah kenapa bisa megundurkan diri, dan saya pun langsung mengajukan lagi dan mengikuti tes lagi alhamdulilahnya jalan saya disitu dan saya keterima di universitas tersebut dengan prodi Teknologi Pangan.Saya senang sekali karena bisa berkuliah sesuai cita citaku dahulu, semoga saya berhasil meraih mimpi saya  dan membanggakan kedua orang tua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun