Lion Star
Lion Star

Hidup adalah proses belajar.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Ayo Dukung Film Indonesia "Buffalo Boys" di Fantasia Film Festival

10 Juli 2018   12:57 Diperbarui: 10 Juli 2018   13:08 435 0 0
Ayo Dukung Film Indonesia "Buffalo Boys" di Fantasia Film Festival
Buffalo Boys (https://fantasiafestival.com/en/films/buffalo-boys)

Penulis baru saja mendapat informasi bahwa akan ada dua film Indoenesia yang akan tayang di Fantasia International Film Festival (FIFF) di Montreal.  Fantasia festival merupakan salah satu festival film terbesar di Amerika Utara. Adapun film Buffalo Boys, yang rilis resminya baru akan edar 19 July 2018, namun akan tayang sebagai World Premiere  di Fantasia Festival pada hari Sabtu 14 July 2018, jam 7:15 pm, di auditorium theater Concordia University.  Adapun film Indonesia lainnya adalah Pengabdi Setan (Satan Slave), yang juga akan tayang di festival Fantasia pada tanggal 17 July 2018, 

Fantasia International Film Festival, 12 July -- 2 Agustus 2018

Brosur Fantasia Film Festival 2018 (dokpri).
Brosur Fantasia Film Festival 2018 (dokpri).
Fantasia International Film Festival merupakan festival yang bergengsi di Amerika Utara. Adapun tahun 2018 ini merupakan edisi festival film yang ke 22. Dalam festival ini, para producer film mancanegara, baik independent, animation, ataupun genre lainnya, akan mengirimkan film mereka untuk direview, ataupun ditonton oleh masyarakat di belahan North America ini. 

Banyak diantara film yang akan tayang merupakan World Premiere,    yang menandakan bahwa Fantasia dipercaya sebagai ajang perfilman yang bergengsi.  Dalam kegiatan ini, akan banyak kritikus film, resensi film independent, yang juga akan hadir, dan akan turut mempengaruhi rating film tersebut saat tayang perdana.  

Adapun untuk festival ke 22 ini,  akan menghadirkan lebih dari 400 anggota asosiasi industry perfilman international dari berbagai negara.  Termasuk kehadiran lebih dari 500 undangan, untuk hadir dalam pemutaran perdana pre-screening, ataupun world premiere. 

Berbagai jenis film dari berbagai negara dapat mendaftar untuk ditayangkan: animasi,  action,  comedy, short independent film, drama, dan juga horror.  Adapun kegiatan festival film internasional ini didukung oleh pemerintah Canada dan juga sponsors seperti surat kabar lokal, stasiun radio, dan universitas, terutama yang memiliki fakultas perfilman.

Buffalo Boys, World Premiere di Fantasia 14 July 2018

Berhubung film ini belum tayang, penulis tidak bisa meresensi film ini, namun akan penulis kupas sekilas informasi yang diberikan tentang jenis film Buffalo Boys ini.  Sutradara Buffalo Boys adalah Mike Wiluan, dengan artis-artis utama adalah Ario Bayu, Pevita Pearce, Yoshi Sudarso.  Berjenis film action,  Buffalo Boys dapat dikatakan film Cowboy dengan aksi dan aksesoris khas Indonesia.

Buffalo Boys (https://fantasiafestival.com/en/films/buffalo-boys)
Buffalo Boys (https://fantasiafestival.com/en/films/buffalo-boys)
Film ini berkisah pada tahun 1860, di era penjajahan Belanda, dimana ada suatu kerajaan Nusantara yang digulingkan, dan anak-anak dari Sang Sultan menyelamatkan diri ke America, dan menjadi Cowboy di America Wild West. Kemudian setelah dewasa, mereka kembali ke tanah Jawa, dan ingin mengembalikan kerajaan orang tuanya dari tangan penjajah, tentunya dengan keahlian bela diri dan kemampuan sebagai cowboy.

Adapun film Buffalo Boys ini merupakan salah satu film yang dinantikan oleh kritikus film.  Beberapa kritikus film telah menyatakan akan menghadiri world premier film ini di Fantasia festival. Genre Cowboy dengan ciri khas Indonesia tentunya akan menjadi daya tarik yang berbeda daripada film classic cowboy. 

Nah apakah Kompasianers tertarik untuk melihat filmnya? Ini adalah kesempatan langka untuk melihat World Premiere movie. Bila lokasi anda di Montreal, mari kita nobar bersama, sekaligus mendukung film Indonesia di festival film Fantasia.