Mohon tunggu...
HARIYANTO
HARIYANTO Mohon Tunggu... Karakter

Lintas Tulisan, (Filsafat, Politik, Pendidikan, Agama, dan berita terkini)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Selamat Ulang Tahun Indonesiaku

17 Agustus 2020   20:47 Diperbarui: 19 Agustus 2020   14:16 84 2 0 Mohon Tunggu...

Tepatnya dahulu 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia telah lahir atau dilahirkan berharap menjadi bangsa yang besar, bangsa yang kuat yang mampu berdiri dibawah tapak kakinya sendiri, perlu diingat bahwasanya tidak mudah para pejuang untuk memperoleh kemerdekaan tersebut, bukan seperti membalikkan telapak tangan, gerilya para pejuang bangsa yang telah mempertaruhkan jiwa raganya dengan bercucuran darah, sudah seyogyanya kita mengenang jasa-jasanya. Selamat ulang tahun Indonesia, Al-Fatihah untuk para pahlawan atau pejuang kemerdekaan Indonesia.

Dan hari ini 17 agustus 2020, negara Indonesia telah berusia 75 tahun, ini merupakan suatu penghormatan kita, sedih dalam mengenang kisah-kisah tragis dan gembira saat merasakan kemenangan. Disaat sekarang di Indonesia, bahkan bukan hanya di Indonesia saja tetapi diberbagai dunia masih merasakan musibah virus covid 19, dalam situasi yang belum kondusif ini, pemerintah tetap melaksanakan apel pengibaran sangsaka merah putih. walaupun tidak semeriah tahun sebelum-sebelumnya.

Ini merupakan rasa syukur kita bersama, walaupun tidak meriah di berbagai daerah tetapi tetap melaksanakan upacara. Wajah baru dengan situasi yang berbeda, tentu tidak akan memudarkan kita untuk bersikap nasionalisme, negara ini adalah warisan, tentu harus dijaga. sebagaimana semboyan yang paling populer "Jas Merah" jangan sesekali melupakan sejarah. 

Harapannya tentu negara Indonesia yang tercinta ini terus berjaya, memasuki peringkat yang dahulu menjadi negara berkembang dan semoga esok akan menjadi negara maju, tentu di umur yang ke 75 ini kita harus menjaga negara ini dari segelintir kelompok yang ingin memporak-porandakan negeri ibu pertiwi ini. menjunjung semangat nasionalisme, patriotisme, dan tentu agamis.  Menjaga kerukunan antar umat beragama atau membuka jalan moderasi beragama, dan janganlah berpecah belah.

Selamat Ulang Tahun Indonesia, semoga namamu melambung tinggi dalam peradaban dunia selanjutnya, indonesia maju, indonesia kuat, merdeka

VIDEO PILIHAN