Mohon tunggu...
Lintang DuaRahmania
Lintang DuaRahmania Mohon Tunggu... Student

Student

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kenapa Sih Kita Harus Sekolah?

17 September 2020   12:20 Diperbarui: 17 September 2020   12:31 8 1 0 Mohon Tunggu...

Pernahkah kita sadar kalau selama ini kita belajar banyak mata pelajaran di sekolah tapi untuk apa? Apakah itu semua ada gunanya?

Lebih dari setengah hidup kita ada di sekolah. Disana ada pelajaran yang kita sukai, tapi tidak jarang ada yang kita benci juga. Sebenarnya kenapa kita perlu belajar semua itu? Apa pentingnya buat kita? Dan, ternyata kebanyakan dari kita masih punya cara pandang yang salah terhadap cara belajar. Apa kesalahan kita dalam belajar? 

Sayangnya, yang kita temui kebanyakan di sekolah adalah belajar dengan sistem fokus menghafal, dan bukannnya berusaha paham tentang apa yang kita pelajari. Meskipun kita mendapat nilai bagus saat ulangan, tapi materi dan ilmu yang ada di otak kita tidak akan bertahan lama dan mudah untuk dilupakan. Ditambah saat lulus dari sekolah kita tidak tahu, ilmunya buat apa sih? Jangan belajar hanya hanya demi lulus, cari tahu apa gunanya kita belajar pelajaran itu. Karena itu, hindari belajar hanya dengan menghafal.

Padahal sepanjang sejarah kehidupan dunia kita ini dibangun oleh orang orang hebat yang ingin paham akan hal hal yang sulit dan terlihat mustahil dimata kita, seperti : Da Vinci, Marie Curie, Einstein, Ibnu Sina dan masih banyak lagi. Jadi, kunci dari semuanya adalah bagaimana kita dapat memahami sesuatu dan tidak bergantung pada hafalan.

Nah, berikut ini adalah cara memahami pelajaran di sekolah agar lebih berguna :

1.Mengakui bila memang belum paham tentang sesuatu.

Bila bertemu dengan istilah atau rumus rumus sulit, tahan diri kalian dari menghafal tanpa memahami. Akuilah jika kalian belum mengerti. Jika kita merasa sudah tahu tentang segalanya, kita tidak akan pernah benar benar belajar. Jadi, bila bertemu dengan istilah istilah atau rumus rumus yang sulit jangan pura pura paham, tapi cari tahu artinya, pelajari dan pahamilah konsepnya. Jangan pernah malu karena tidak tahu tentang segalanya.

2.Mau paham? Belajarlah dari dasarnya.

Untuk paham tentang sesuatu, pastikan kita paham apa sih dasarnya? Maka penting bagi kita untuk belajar sesuatu mulai dari level dasar kemudian berlanjut ke level yang lebih sulit.

Kebanyakan dari kita di sekolah sering gagal paham karena kita sering melewatkan bagian bagian dasarnya. Sulit untuk belajar sesuatu tanpa mengetahui dasarnya dan sulit untuk belajar jika kita tidak tahu ada di level berapa kita saat ini.

3.Jangan berhenti mencari sesuatu yang kita suka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN