Mohon tunggu...
Lingga Kamal Atha
Lingga Kamal Atha Mohon Tunggu... jalani aja dulu

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030131

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Alasan Kamu Sering Dicuekin

18 Mei 2021   15:48 Diperbarui: 18 Mei 2021   16:25 37 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alasan Kamu Sering Dicuekin
gensindo.sindonews

Pernah nggak sih kalian bertemu seseorang yang mengabaikanmu alias kamu dicuekin saat berbicara? Kadang-kadang ini terjadi karena apa yang sedang didiskusikan dan bagaimana kamu mengkomunikasikannya. Pasalnya meski tidak kalian khawatirkan, orang yang sering mengabaikan kalian akan berdampak negatif. Selain itu, jika kalian tahu tetapi tidak mengetahui alasan di balik pengobatannya, pahami terlebih dahulu alasan yang mungkin membuat opini kamu tidak didengar oleh orang lain.

Terlalu banyak ngomongin diri sendiri

Saat mengobrol dengan teman, pernahkah kamu merasa terlalu banyak membicarakan diri sendiri? Jika demikian, mungkin inilah salah satu alasan mengapa kamu diabaikan.

Terlalu banyak membicarakan diri sendiri menunjukkan bahwa kamu tidak cukup peduli dengan orang lain. Meskipun kamu tidak mengatakannya, lawan bicara kamu dapat beranggapan yang berbeda.

Sekalipun kamu hanya ingin berbagi cerita, atau karena orang lain terlalu pasif. Namun hubungan interpersonal yang baik selalu didasarkan pada prinsip memberi dan menerima, oleh karena itu jika ingin didengarkan oleh orang lain, kamu harus terlebih dahulu mendengarkan pendapat orang lain.

Kamu tidak mendengarkan mereka

Percakapan pada dasarnya melibatkan dua orang atau lebih. Jika kamu ingin mendengar suara kamu sendiri, kamu juga harus mendengarkan orang lain yang kamu ajak bicara. Tidak ada yang puas dengan orang yang hanya peduli pada pendapatnya. Selain itu, jika kamu mencoba terhubung dengan apa yang mereka bicarakan, konteks percakapan akan menjadi lebih menarik. Pastikan gaya komunikasi kamu melibatkan berbicara dan mendengarkan, oke!

Tidak yakin dengan apa yang ingin disampaikan

Jangan khawatir tentang apa yang harus dikatakan. Khawatir bisa membuat kamu tampak tidak yakin harus berkata apa. Hal ini tampaknya membuat kamu seolah terjebak dalam obrolan ini dan tidak memahami apa yang kamu bicarakan. Lain kali, pastikan kamu memiliki alasan yang jelas saat berbicara.

Cara bicaramu mungkin terlalu malu-malu

Ada kemungkinan lain, alasan mengapa kamu tidak didengar mungkin karena gaya bicara kamu terlalu lembut atau pemalu. Memang mungkin untuk mempraktikkan cara berbicara ini. Jika kamu benar-benar mengerti apa yang kamu katakan, orang lain akan penasaran dengan apa yang kamu katakan, dan tentu saja mereka akan mendengarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN