Mohon tunggu...
LindungiHutan
LindungiHutan Mohon Tunggu... Penulis - LindungiHutan.com

Informasi resmi terkait LindungiHutan.com

Selanjutnya

Tutup

Nature

5 Grup K-Pop dan Idol K-Pop yang Peduli dengan Isu Lingkungan

1 Maret 2023   09:58 Diperbarui: 1 Maret 2023   10:13 647
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hadirnya budaya korea di Indonesia yang digandrungi generasi muda ternyata harus kita akui juga membawa dampak positif baik itu bagi komunitas masyarakat maupun lingkungan. Terlebih, komposisi fans yang didominasi oleh Gen-Z yang notabene adalah tech savvy, membuat fans K-Pop aktif terlibat dalam berbagai isu. Salah satunya adalah krisis iklim dan upaya memeranginya!

Adapun, maksud dari keterlibatan bukan hanya terjadi di ruang maya, melainkan juga aksi-aksinya di lapangan. Fans K-Pop aktif menginisiasi kampanye lingkungan dan penanaman pohon sebagai bentuk partisipasinya dalam upaya pelestarian lingkungan.

Pertanyaannya adalah, mengapa mereka mau melakukannya? Selain karena generasi muda 'ternyata' memiliki kepedulian akan isu-isu lingkungan, peran Idol sebagai role model juga memberi banyak pengaruh terhadap fans. Ketika para idola mereka memiliki concern dalam isu lingkungan, maka para fans juga akan ter-influence dengan perilaku yang dilakukannya.

Berikut ini ada 5 grup K-Pop yang peduli terhadap isu lingkungan. Ada siapa saja?

BTS

BTS telah bermitra dengan Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA dan Hyundai untuk mempromosikan masa depan transportasi yang lebih hijau. Mengingat, penggunaan kendaraan listrik dan kendaraan bertenaga hidrogen hijau makin dianjurkan guna mengurangi emisi karbon dan mencegah polusi udara.


Sejak tahun lalu, BTS telah bekerja untuk mempromosikan lini baru kendaraan listrik IONIQ Hyundai, yang memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih kecil daripada kendaraan bertenaga bensin. Ketika BTS bergabung dalam kerja sama tersebut, harapannya mobil listrik ramah lingkungan mendapatkan masa depan yang cerah.

NCT

Mengutip dari laman envimedia.com, NCT yang dikenal dengan fesyen dan musik mutakhir telah mewujudkan fesyen berkelanjutan ke dalam konsep teknologi budaya mereka. KANGHYUK, pusat mode korea yang mengubah airbag rusak menjadi pakaian futuristik, diketahui melakukan kolaborasi dengan NCT. Tampak koleksi baju-baju mereka terpajang di lemari pakaian NCT.

Menggandeng NCT, KANGHYUK sepertinya ingin memberikan koleksi pakaian terbaiknya sembari mengurangi emisi gas rumah kaca dengan menggunakan bahan-bahan bekas yang didaur ulang.

Red Velvet

Tahukah kamu, kalau member Red Velvet ditunjuk sebagai duta hubungan masyarakat Korea Selatan untuk Dewan Iklim Nasional, yang berupaya mengurangi perubahan iklim dan polusi udara.

Mereka berpartisipasi dalam advokasi kampanye 'International Day of Clean Air for Blue Skies'. Melalui video informasi yang dibuat, member Red Velvet memberitahu semua orang tentang risiko meningkatnya polusi. Video tersebut juga memuat informasi tentang beberapa cara orang dapat mengurangi dampak lingkungan hanya melalui aktivitas sehari-hari.

BlackPink

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun