Mohon tunggu...
Linda Septiani Sebianto
Linda Septiani Sebianto Mohon Tunggu... Lainnya - Study and Travel

In this blog, I will focus on providing content about study, student exchange, cultural exchange, and world tourist attractions.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Alumni Bercerita: Hal-Hal Berkesan dari Program PMM 2021

16 Mei 2022   12:43 Diperbarui: 16 Mei 2022   13:03 599 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pesan wa dari PMM Awardee 2021 (Dokpri)

Hallo sobat PMM 2022!!

Spesial di artikel kali ini, Linda hadirkan teman-teman se-Nusantara alumni PMM Batch 1 untuk berbagi hal berkesannya selama mengikuti program PMM 2021. Dan semoga kisah baik mereka dapat menginspirasi kita, serta pengalaman uniknya dapat bermanfaat bagi kita semua. Let's gooo!!

1. Alumni Bercerita: Khansa Salsabila dari Universitas Singa Perbangsa Karawang

Hal berkesan dari program PMM 2021: Mungkin pengalamannya sedikit berbeda dari teman-teman yang lain, dari PMM ini ternyata aku bisa pulang kampung untuk pertama kali ke Makassar. Jadi, selama mengikuti program ini, aku tetap bisa kumpul bersama keluarga besar walaupun jauh dari rumah, di sana aku juga diajak keliling sekitar Makassar, menjelajah kuliner khas Makassar, sampai diajak arisan keluarga.

2. Alumni Bercerita: Muhammad Abdul Hakim Annafi' dari Universitas Trunojoyo Madura

Hal berkesan dari program PMM 2021: Saya bertemu dengan sahabat  karib saya dari kawan-kawan HIMAHUM yang selama ini menerima saya dengan lapang dada banyak yang saya dapatkan bertemu dengan Kawan-kawan HIMAHUM tanpa bisa menyebutkan semuanya karena saya mendapatkan pengalaman banyak yang tak terhingga selama bertemu dengan kalian. Semoga tali silaturahmi jangan sampai putus dan kita tetap bersilaturahmi meskipun jarak memisahkan kita selain itu dari teman teman Modul Nusantara yg terdiri dari beberapa perbedaan baik itu suku, agama, ras, bahasa semua menjadi satu di bawah Bhinneka Tunggal Ika dan Sang Saka Merah Putih yang tentunya dengan perbedaan lah bisa memperkuat rasa kebersamaan. Selain itu saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu spot wisata di Sulsel yaitu Tanah Toraja yang mana itu menjadi destinasi wisata favorit yang wajib di kunjungi ketika berada di Sulawesi Selatan. Dan tak lupa bimbingan dari Bapak/Ibu dosen di UNM membuat saya terkesan dan merasakan vibes pertukaran itu memang ada dan sesuai dengan slogan PMM "Bertukar Sementara Bermakna Selamanya" makna itu ada dan saya rasakan sampai detik ini

3. Alumni Bercerita: Novia Anggraini dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Hal berkesan dari program PMM 2021: Sebenarnya kalau ditanya hal yang berkesan apa aja, ya semua hal terkait PMM itu berkesan. Walaupun waktu itu pandemi Covid-19 membludak sampai PPKM parah yang mengakibatkan terlambatnya keberangkatan tapi justru masih zoom meeting dikala itu, jadi sangat dirindukan sekarang. Selain itu, menyesuaikan antara waktu WIB dan WITA bukan hal yang mudah ya, berasa diteror waktu hihi. Terus harus bener-bener stand by buat ngikutin perkuliahan walaupun cuma ikut full luring di 1 PT penerima aja dan gak ikut di PT mitra tapi semangat banget tiap kali ada perkuliahan. Dan semakin berkesan waktu udah berangkat ke PT tujuan, ketemu temen-temen virtual yang selama ini cuma nanyain "tiket udah turun?" akhirnya malah ketemu beneran, sampai ke Modul Nusantara yang selalu jadi penikmat weekend yang berasa jadi pengganti healing selama ini. Gak pernah nyangka bisa jadi bagian dari program PMM 2021, tapi kenyataannya waktu terus berjalan dan malah sekarang sudah jadi bagian dari kenangan terindah.

4. Alumni Bercerita: Achmad Nur Kholis dari Universitas Sebelas Maret Surakarta

Hal berkesan dari program PMM 2021: Sebenernya banyak banget, cuma menurutku bisa ngerasain gimana sih sistem Pendidikan di perguruan tinggi lain menjadi salah satu hal paling menyenangkan, bisa bertemu dengan banyak teman dan keluarga baru dari berbagai wilayah, merasakan bagaimana uniknya kebudayaan baru dimana kita  nanti ditempatkan dan berbagai macam kebahagiaan lainnnya.

5. Alumni Bercerita: Lulu Ardiani Zain dari Universitas Swadaya Gunung Djati

Hal berkesan dari program PMM 2021: Bismillah, bicara soal berkesan ya? Semua cerita yang terkandung di dalamnya sangatlah berkesan. Mulai mendapatkan kawan baru yang sekarang menjadi keluarga sampai mendapatkan pengalaman mengenal kebudayaan Sulawesi Selatan. Alhamdulillah sebuah peristiwa bersejarah dalam hidup. Mariki ikut dan raih pengalaman yang tak terlupakan.

6. Alumni Bercerita: Mila Agustin dari Universitas Stikubank

Hal berkesan dari program PMM 2021: Selama mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka banyak banget pengalaman yang berkesan,  Saya bisa merasakan kuliah dibeberapa universitas selama satu semester. Selama PMM saya juga merasakan antusiasme pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif bersama mahasiswa sesama program PMM dan sesama di PT penerima yaitu Universitas Negeri Makassar. Dalam program pertukaran mahasiswa merdeka ini ada mata kuliah wajib yang harus diikuti yaitu modul Nusantara. Di mata kuliah Modul Nusantara saya belajar mengenai budaya, makanan khas,wisata sejarah, kebiasaan  di tempat PT penerima yaitu Sulawesi Selatan khususnya Makassar. Selain belajar dan mendapat pengalaman selama PMM pengalaman berkesan yang saya alami yaitu bersosialisasi bersama mahasiswa dari 14 Universitas di Indonesia. Pengalaman pertama bagi saya bisa menjalin relasi dengan teman beda pulau secara langsung di tempat baru. Pengalaman ini menjadi titik awal yang membuka pandangan baru untuk memahami toleransi perbedaan, berdiskusi budaya yang sebelumnya menurut saya asing menjadi terbiasa, sekaligus bisa mempromosikan daerah sendiri kepada orang luar hehe. Terakhir yang tidak kalah penting,  saya bisa mengikuti program ini gratis, malah diberi beasiswa juga. Jadi tidak usah khawatir untuk biaya selama program.

7. Alumni Bercerita: M. Ammar dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Hal berkesan dari program PMM 2021: Semuanya berkesann, mulai dari sistem perkuliahannya, mahasiswanya, dan dosennya juga, kegiatannya seru-seru

8. Alumni Bercerita: Sucy Chaysari Firouzhatil dari Universitas Universitas Syiah Kuala

Hal berkesan dari program PMM 2021: Yang pastinya mendapat pengalaman yang luar bisa ya, bisa mengenal kebudayaan dari teman - teman nusantara yang mengikuti program ini juga. Dan mendapat banyak teman baru, belajar saling toleransi yang besar di sekitar, bukan hanya itu saja, kita juga bisa merasakan belajar di luar kampus kita, bertemu dengan banyak orang hebat yang bisa menjadi motivasi untuk kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan