Mohon tunggu...
Linda Eka
Linda Eka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Walisongo

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mari Saling Tolong Menolong Sesama Tetangga

2 Juni 2022   10:51 Diperbarui: 2 Juni 2022   10:55 139 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Tolong menolong adalah dua buah kata yang sangat luas maknanya. Menurut Sarwono dan Meinarno (2009) perilaku menolong adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang bertujuan untuk memberikan pertolongan pada orang lain tanpa adanya keuntungan bagi si penolong.

Tolong menolong adalah sebuah tindakan untuk membantu meringankan kesulitan orang lain. Sikap ini adalah pengamalan sila Pancasila ke-2, yang berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab".

Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kita saling tolong menolong. Diantaranya meningkatkan kepedulian sosial, manfaat lain yakni menciptakan persaudaraan dan persatuan. Ketika saling tolong menolong antar sesama kita dapat memupuk rasa persaudaraan, karena kita sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Selain itu, sikap ini juga mempererat tali persatuan meskipun berbeda suku, agama, dan ras.  

Maka dilihat dari betapa pentingnya sikap tolong menolong, mari kita sebagai makhluk sosial saling tolong menolong dalam hal apapun. Mulai dari tolong menolong dengan tetangga.

Tetangga adalah orang yang paling dekat jaraknya dengan rumah kita, orang yang selalu ada disaat kita sedang kesusahan.

Menurut Hamzah Ya'qub tetangga adalah merupakan keluarga yang berdekatan dengan rumah kita yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam akhlaq.

Karena kita sebagai makhluk sosial yang notabene kita tidak bisa hidup sendirian, karena kita selalu membutuhkan bantuan orang lain. Tetangga menjadi penolong pertama disaat kita membutuhkan bantuan, yaa karena jika kita mengandalkan saudara mungkin saja akan lama karena jaraknya yang jauh, tetapi tidak dengan tetangga yang jaraknya dekat.

Untuk itu, didalam Islam juga diajarkan bagaimana kita seharusnya bersikap dengan tetangga. Antara lain adalah menjenguk tetangga yang sakit. Sudah selayaknya kita sebagai tetangga untuk menjenguk orang yang sakit, hanya sekedar datang kerumah, kita sudah membuktikan kalau kta peduli dengan tetangga.

Selain itu, kita juga diajarkan bagaimana bersikap ketika ada tetangga yang meninggal. Sudah sepantasnya kita takziah kerumah mayit dan mendoakannya. Kita juga tidak boleh mengganggu tetangga. Dalam Hadits Riwayat Bukhari juga dijelaskan bahwa kita tidak boleh mengganggu tetangga. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kita ingin mengadakan acara dirumah, untuk ijin terlebih dahulu kepada tetangga agar tidak merasa terganggu dengan acara kita.

Sikap saling tolong menolong dengan tetangga juga yang bisa kita lakukan adalah memberi makan tetangga yang kurang mampu. Dalam beberapa hadits juga sudah dijelaskan keutamaan-keutamaan berbagi makanan dengan tetangga. Berbagi makanan dengan tetangga atau orang lain akan mendapat pahala dari Allah dan termasuk sebagai golongan umat yang mulia. Bahkan Rasulullah menyebutkan bahwa orang yang suka berbagi makanan akan disiapkan tempat khusus di surga nanti.

Untuk itu melihat betapa pentingnya sikap saling tolong menolong dengan tetangga, mari kita lakukan sikap itu dengan iklas. Kita pasti akan membutuhkan tetangga, dan yang terpenting kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan