Mohon tunggu...
Lina Rahayu
Lina Rahayu Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Guru Matematika SMA di Bekasi, yang memiliki hobi membaca, menulis dan travelling. Mengajar adalah sebuah panggilan hati yang diniatkan untuk berinvestasi dunia dan akhirat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

31 Januari 2023   14:45 Diperbarui: 31 Januari 2023   14:49 13494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak 

Oleh Lina Rahayu

CGP Angkatan 5 Kota Bekasi

GAMBARAN DIRI DI MASA DEPAN

Setelah lulus dari Program Pendidikan Guru Penggerak dan menjalani peran sebagai guru penggerak selama tiga tahun, saya merasa menjadi pribadi yang lebih percaya diri, lebih termotivasi dalam menjalankan peran dan kewajiban sebagai pendidik dan guru penggerak.

Nilai guru penggerak yang meliputi berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif telah ada dalam diri saya dan berkembang secara signifikan. Peran saya sebagai guru penggerak juga semakin nyata dalam membawa transformasi pemdidikan. Saya semakin yakin dengan langkah saya membawa gerakan perubahan baik untuk diri saya, lingkungan sekolah dan ekosistem pendidikan secara umum.

NILAI GURU PENGGERAK

1. BERPIHAK PADA MURID  

Setelah tiga tahum menjalani peran sebagai guru penggerak nilai guru penggerak yang berpihak pada murid telah menyatu dalam diri saya. Berikut gambaran diri saya dalam pembelajaran yang berpihak pada murid.

  • Saya menerapkan filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara bahwa Pendidikan adalah menuntun anak sesuai kodratnya untuk mencapai kesejahteraan, keselamatan dan kebahagiaan. Saya  mengkondisikan kelas secara kondusif, riang dan bahagia dalam belajar.
  • Saya menerapkan semboyan Ki Hajar Dewantara Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Sebagai pendidik saya memberi contoh tauladan yang baik, menyemangati, menginspirasi dan mendorong agar anak berkembang sesuai dengan potensinya.
  • Saya menggunakan media dan alat peraga yang menarik, sehingga siswa semangat belajar.
  • Saya menerapkan model/metode pembelajaran yang berpusat pada siswa sementara guru sebagai fasilitator. (Model PBL, PBjL, Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, keterampilan proses dll.
  • Saya mengembangkan pembelajaran abad 21 untuk menjawab tuntutan zaman, diharapkan siswa memiliki kompetensi 4C (Collaboration, Comunication, Creativy dan Critical Thingking)
  • Mengadakan pembelajaran dan project kelompok yang memungkinkan siswa dapat berkolaborasi.
  • Melakukan pembelajaran kolaboratif yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain.
  • Saya melakukan pembelajaran dengan melibatklan platform digital/sosmed yang dekat dengan keseharian anak.
  • Saya melakukan pembelajaran yang menumbuhkembangkan karakter dan nilai-budaya.

2. KOLABORATIF

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun