Mohon tunggu...
Lina inas nafisah
Lina inas nafisah Mohon Tunggu... Diplomat - Mahasiswa S1 Manajemen universitas muhammadiyah malang

Mahasiswa S1 Manajemen universitas muhammadiyah malang

Selanjutnya

Tutup

Money

Rahasia Pengusaha Muda di Madura

23 Januari 2021   10:10 Diperbarui: 27 Januari 2021   11:26 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Baru - baru ini ada minuman yang jadi minuman favorite di madura tepatnya di pulau Kangean Sumenep. Minuman yang launching 1 desember 2020 ini sudah berhasil menarik perhatian banyak orang terutama anak - anak muda di madura. Minuman yang diberi nama Alazba drink ini, didirikan oleh salah satu anak dari Mizan group, namanya Alesya Azza Badrina yang masih berusia 18 tahun, nama alazba drink sendiri diambil dari namanya sendiri

Awal mula didirikannya kedai alazba drink ini , karena alesya merasa bosan dengan aktivitasnya di tengah pandemi yang mengharuskan dirinya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga dia mencari ide agar aktivitasnya bisa lebih produktif dan menghasilkan. Hoby alesya sendiri memang senang berbisnis namun baru kali ini dia membuka bisnis yang menurutnya terbilang besar. Dia merasa hoby yang di miliki diturunkan dari keluarganya.(23/01/21)

Hal yang dipersiapkan alesya ketika memutuskan untuk membuka usaha adalah meminta izin dan dukungan dari kedua orang tuanya, dia juga banyak bertanya kepada kedua orang tuanya, yang memang sudah menggeluti dunia bisnis dan banyak meminta pendapat serta saran dari teman - temannya dan orang terdekatnya. Alesya juga mempersiapkan mentalnya karena dia tahu sebagai seorang pembisnis harus punya mental dan tekat yang kuat. Selain itu dia juga mencari dan meriset bahan - bahan untuk minumannya yang memang benar - benar bagus dan banyak manfaatnnya karena dia ingin minuman yang dijualnya beda dari minuman yang lain.(23/01/21)

Kata alesya "tantangan terbesar dalam membuka usaha baru adalah Bagaimana caranya agar minuman yang saya jual bisa dikenal dan dinikmati banyak orang. Dari masukan orang - orang terdekat akhirnya saya mengambil strategi pemasaran dengan belajar dari kekurangan - kekurangan minuman - minuman yang ada di madura menurut riset yang saya lakukan, tujuan saya melakukan itu agar minuman saya berbeda dengan minuman lainnya dan agar tidak mendapat penilaian negatif dari masyarakat. Kemudian strategi yang saya ambil adalah dengan menjual minuman saya dengan harga yang lebih murah diawal, dibandingkan dengan minuman sejenis alazba lainnya tujuannya untuk menarik pelanggan sebanyak - banyaknya, dengan begitu pelanggan saya akan membandingkan minuman saya dengan minuman lain itu juga menjadi jalan promosi saya. Setelah banyak mendapat pelanggan dalam waktu yang sangat cepat menurut saya, saya mulai menaikkan sedikit harga minuman saya karena saya merasa pelanggan sudah percaya dengan minuman saya dan akan membeli meskipun saya naikkan harganya sedikit bahkan pelanggan tidak sadar kalau saya sudah menaikkan harga minuman saya". (23/01/21)

Pesan alesya untuk anak - anak muda dan calon pengusaha muda, "tentunya pencapaian saya hari ini adalah milik Allah dan amanah dari Allah" pesan alesya untuk anak muda diluar sana "saya aja bisa kenapa kalian tidak!" Dan pesan untuk para calon pengusaha muda "Tidak usah ragu lagi kalau sudah ada niat dekati yang maha kaya dan pemberi rezki, luruskan niatnya untuk akhirat insyaallah usaha kalian akan mendatangkan rezki dan bukan cuma rezki tapi manfaat serta kebahagiaan untuk orang banyak". (23/01/21)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun