Mohon tunggu...
Edukasi Artikel Utama

Organisasi Pemuda Terbesar di Dunia AIESEC Hadir di USU

6 Mei 2015   01:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:20 480 0 0 Mohon Tunggu...

AIESEC (Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce) merupakan organisasi internasional dibidang pemberdayaan pemuda yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan dan nilai-nilai perdamaianmelalui program exchange atau pengiriman pemuda ke luar negeri.

Namun program pertukaran pemuda AIESEC tentunya berbeda dengan pertukaran-pertukaran pelajar di bidang akademik. Dalam program ini, pemuda peserta exchange akan bergabung sebagai relawan untuk proyek-proyek sosial yang dikenal dengan istilah Global Community Development Program (GCDP). Adapun proyek-proyek sosial yang diikuti biasanya menyangkut isu-isu global, seperti Hak Asasi Manusia (HAM), lingkungan, HIV/AIDS, dan lainnya. Pemuda peserta exchange dapat memilih proyek sosial sesuai dengan minatnya, kemudian dalam proyek sosial tersebut peserta exchange akan bekerja sama dengan peserta exchange lainnya dari berbagai negara.

AIESEC sendiri telah hadir di Universitas Sumatera Utara (USU) sejak tahun 2013 lalu. Ini merupakan berita gembira bagi pemuda-pemudi yang berkeinginan untuk memiliki pengalaman tinggal di luar negeri dan berkiprah di kancah internasional.

Dalam setahun, periode penyeleksian peserta exchange ke luar negeri dibuka dalam 2 periode yaitu periode untuk musim panas (summer, yakni bulan Juni-Agustus) dan untuk periode musim dingin (winter, Desember-Maret). Adapun negara-negara yang pernah dituju pemuda-pemudi exchange AIESEC USU diantaranya ialah Polandia, Rusia, Kamboja, Mesir, India, Slovenia, Taiwan, Thailand, Filipina, Cina dan Sri Lanka.

Pada periodeterakhir, AIESEC USU telah mengirimkan lebih dari 15 orang peserta exchange menuju ke banyak Negara dengan durasi kegiatan 1 sampai 2 bulan. Negara – Negara yang dikunjungi antara lain China, Thailand, Polandia, dan Slovenia. Untuk saat ini, AIESEC USU hanya bisa mengirim peserta exchange ke berbagai Negara, penerimaan peserta dari Negara lain belum bisa dilaksanakan karena masih banyak persiapan yang harus dilakukan sebagai AIESEC yang baru berdiri. (Limelight Publisher)

Facebook AIESEC USU : AIESEC USU

Twitter AIESEC USU : @aiesecusu

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x