Mohon tunggu...
Lime Commerce
Lime Commerce Mohon Tunggu...

.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

4 Cara Bisnis Online yang Menghasilkan

10 Mei 2017   10:28 Diperbarui: 10 Mei 2017   10:50 760 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Cara Bisnis Online yang Menghasilkan
Sumber: hotelier.co.id

Ketika anda memiliki bisnis online anda sendiri, anda bisa bekerja dari mana saja, bebas menentukan jam kerja anda sendiri dan anda bisa mendapatkan uang hanya dengan bermodalkan laptop dan internet. Itulah mengapa banyak orang diluar sana yang mencari-cari cara bisnis online dan mendapatkan uang dari internet.

Bisnis online juga dapat dilakukan dengan modal yang sangat minimum, sehingga sesuai untuk pebisnis pemula yang tidak memiliki banyak modal.

Bisnis online sendiri sangat beragam jenisnya, seperti:

1. Blogging

Blogging sebenarnya tidak bisa dibilang 100% cara bisnis online, tetapi ada beberapa metode untuk mendapatkan uang dari kegiatan blogging.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog, tentu saja pertama-tama anda harus membuat blognya terlebih dahulu. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk kegiatan blogging, tetapi Blogspot dan Wordpress adalah dua platform blogging yang paling terkenal dan paling sering digunakan. Ada banyak paduan membuat blog di internet. Anda bisa mencarinya sendiri.

Setelah blog jadi, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang menarik dan berguna bagi orang-orang yang membacanya. Konten blog anda tidak harus melulu berupa artikel. Anda juga bisa memasukkan karya anda yang lain seperti video, foto atau bahkan komik.

Ketika blog anda sudah terisi dan orang-orang sudah mulai berdatangan ke blog anda, barulah anda bisa mulai "memonetisasikan" blog anda tersebut. Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang melalui blog. Misalnya :

  • Iklan

Inilah cara bisnis online paling umum yang sering dilakukan para blogger, terutama orang-orang yang baru saja memulai blogging. Memasang iklan di blog hampir sama dengan memasang iklan di majalah atau koran. Ketika blog anda sudah semakin terkenal dan ramai pengunjung, para pemasang iklan akan berbondong-bondong untuk memasang iklan berbayar di blog anda.

Anda juga bisa mendaftar Adsense di situs-situs seperti Google Adsense.

  • Affiliate

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari affilate marketing jika anda memasang link suatu produk di blog anda, mengklik link tersebut dan membelinya. Ada banyak program affiliate yang bisa anda ikuti, salah satunya adalah program affiliate dari Amazon.

  • Membuat dan menjual produk digital

Jika anda mempunyai keahlian membuat video atau E-book, anda bisa menjualnya di blog anda. Misalnya, anda paham seluk beluk SEO dari A sampai Z, Anda bisa membuat materi pelatihan SEO dalam bentuk video atau E-book.


2. Freelance

Freelance adalah orang yang menawarkan jasa ke orang lain atau perusahaan yang berbeda-beda dalam satu waktu. Jenis perkerjaan yang dilakukan oleh para freelancer ini berbeda-beda, sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Misalnya saja, marketing, tugas administrasi, pemograman, desain grafis, copy writing, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba jika anda memutuskan untuk terjun di dunia freelancing sebagai cara bisnis online anda :

  • Gunakan kontrak untuk setiap projek yang anda ambil

Anda tidak perlu membuat kontrak yang terlalu detail atau semacamnya. Cukup sediakan perjanjian dasar yang mencangkup semua hal-hal penting. Misalnya, kesepakatan bahwa data-data klien harus tetap dirahasiakan oleh anda, kesepakatan bahwa hasil kerja anda adalah original, bukan jiplakan, detail pembayaran, dan lain sebagainya.

Menyediakan kontrak dasar seperti itu bukan hanya akan membantu melindungi hak-hak anda, tetapi juga membantu menunjukkan ke klien anda bagaimana cara anda bekerja.

  • Mintalah uang muka terlebih dahulu

Salah satu masalah terbesar yang bisa anda dapatkan ketika menjadi freelancer adalah tidak dibayar tepat waktu oleh klien atau bahkan ditinggal begitu saja tanpa kepastian sama sekali.

Untuk memastikan 100% pembayaran, anda harus meminta uang muka terlebih dahulu. Jangan pernah mau memulai suatu projek tanpa uang muka. Jika si klien menolak, maka anda patut curiga, mungkin saja dari awal klien ini tidak berniat untuk membayar anda secara penuh.

Misalnya, anda bisa meminta 50% dari total pembayaran sebelum memulai projek, dan sisanya di akhir ketika projek sudah selesai tetapi belum anda kirimkan ke klien.

  • Jangan pernah takut untuk menolak

Berkata "tidak" pada projek yang ditawarkan kepada anda sebenarnya cukup berat, terutama jika anda ingin menyenangkan hati para klien anda. Anda tidak ingin mengecewakan siapapun, jadi anda selalu menawarkan bantuan apapun yang dibutuhkan, tanpa peduli tumpukan pekerjaan yang menggunung di belakang anda.

Tidak perduli apapun yang anda lakukan, pada akhirnya anda tetap akan mengecewakan seseorang. Entah mengecewakan klien karena hasilnya kurang sempurna, atau mengecewakan keluarga anda karena anda tidak punya waktu untuk mereka, atau bahkan mengecewakan diri anda sendiri karena beban kerja yang anda ambil.

Intinya, anda harus mulai terbiasa untuk mengatakan "tidak" pada projek-projek yang sekiranya tidak sesuai untuk anda, entah dari sisi bayarannya, atau dari sisi yang lain. Untuk menentukan apakah anda harus menerima atau menolak suatu projek, anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan ini ke diri anda sendiri :

  1. Apa saya punya kemampuan yang sesuai dengan permintaan klien ini?
  2. Kenapa saya memutuskan mengambil projek ini? Komitmen seperti apa yang harus saya buat?
  3. Kenapa saya memasukkan projek tersebut kedalam list projek saya?

3. Youtuber

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Youtube sudah berubah drastis. Bermula dari sebatas tempat untuk share / berbagi video, sekarang Youtube juga sudah bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencari uang.

Pada Youtuber (orang yang mendapatkan penghasilan melalui channel mereka di Youtube) biasanya mendapatkan uang melalui iklan yang dipasang di video mereka. Jika anda juga ingin mencoba cara bisnis online ala Youtuber, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan :

  • Definisikan arti "sukses" bagi anda

Pencapaian apa yang ingin anda raih dengan channel Youtube anda?

  1. Views di video : Jumlah orang-orang yang menonton video anda
  2. Conversions : Apa anda menggunakan video anda untuk mempromosikan website lain? Anda ingin orang-orang untuk mengklik link ke website tersebut?
  3. Brand engagement : Apa anda menggunakan video anda sebagai sarana untuk berinteraksi secara langsung dengan pembeli-pembeli anda?
  • Pilih keywords yang tepat

Sama halnya seperti ketika anda membuat website biasa, untuk bisa memastikan channel Youtube anda akan mudah ditemukan orang-orang nantinya, anda harus tahu apa yang sedang dicari oleh orang-orang,

  • Desain brand anda

Tentukan tema channel anda dan bagaimana anda ingin channel anda dikenal oleh orang-orang. Ada banyak sekali video yang diupload ke Youtube setiap harinya. Karena itulah, video anda haruslah memiliki kualitas "berbeda" yang bisa membuat video anda terlihat beda dari yang lainnya.

  • Tawarkan sesuatu yang "professional"

Youtube bukan hanya sekedar tempat untuk mengupload video yang anda dan teman anda buat untuk lucu-lucuan. Youtube juga memiliki kegunaan professionalnya sendiri. Jika memungkinkan, buatlah orang mempelajari sesuatu dari video anda.

  • Buat deskripsi video yang lengkap

Jangan lupa untuk mengisi kotak deskripsi dibawah video anda. Anda bisa bebas menuliskan hal apapun yang berkaitan dengan video tersebut.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x