Apa yang dimaksud dengan retail?
Retail adalah satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau keperluan pribadi. Dunia retail sangat menarik karena memerlukan ketelitian, bahkan ada slogan yang berkata "retail is detail". Slogan ini menandakan bahwa orang yang ingin berkecimpung dalam dunia retail haruslah orang yang mau bekerja keras, kreatif serta detail dalam setiap aktfitasnya.
      Barang dan jasa yang kita nikmati saat ini tidak terlepas dari jasa retail, retail membantu produsen/distributor dan konsumen agar setiap kebutuhan keduanya dapat terpenuhi. Secara garis besar dunia retail dibagi 4 bagian yaitu, peran dan fungsi retail, strategi retail, merchandising management dan store managemen.
Usaha Ritel memberikan kebutuhan ekonomis bagi pelanggan melalui beberapa cara berikut,
Memberikan suplai/pasokan barang dan jasa pada saat dan ketika dibutuhkan konsumen/pelanggan dengan sedikit atau tanpa penundaan.
Memudahkan konsumen/pelanggan dalam memilih atau membandingkan bentuk, kualitas dan barang serta jasa yang ditawarkan.
Menjaga harga jual tetap rendah agar mampu bersaing dalam memuaskan pelanggan.
      Fungsi Usaha Ritel juga diantaranya,Â
Melakukan kegiatan usahanya di lokasi yang nyaman dan mudah diakses pelanggan.
Memberikan beragam produk sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang diinginkan.
Membagi jumlah produk yang besar sehingga dapat dijual dalam kemasan/ukuran yang kecil.