Mohon tunggu...
lilis zianah
lilis zianah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Meninggalkan jejak kebaikan u hidup yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ciri-ciri Teman yang Baik

3 November 2023   06:30 Diperbarui: 3 November 2023   06:34 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kehidupan dunia ini adalah kehidupan sosial, artinya kita butuh interaksi dengan manusia yang lain, tidak hanya interaksi terhadap diri sendiri maupun interaksi bersama anggota keluarga, namun lebih dari itu.

Manusia saling berinteraksi satu sama lain. Ada banyak jenis hubungan, salah satunya adalah hubungan pertemanan atau bisa lebih dalam lagi yaitu hubungan persahabatan.

Apalagi kehidupan di dunia ini adalah perjalanan sementara maka secara sadar kita akan memilih teman yang membawa kebaikan bukan sebaliknya.

Manusia banyak ragamnya, dalam dunia online seperti ini setiap belahan bumi banyak jenis manusia yang bisa dijadikan teman karena semakin canggih zaman, pertemanan tak berbatas tempat tinggal, tempat kerja atau tempat lain yang biasa berinteraksi.

Oleh karena itu, secara sadar harus kita cari teman yang membawa kemanfaatan utamanya yang berbuah kebaikan. Beberapa ciri dari teman yang baik Adah: 

1. Dapat menjaga rahasia. Nah... Ini yang paling utama ya, jika ia tidak bisa menjaga rahasia, coret saja dari daftar pertemanan. Bukan menghapus komunitas ya, cuman interaksi secukupnya saja.

2. Selalu berbaik sangka kepada kita. Nah ini betul sekali, jika saling curiga antar teman, pasti hilang rasa kenyamanan dan rasa percaya, jadi banyak perasangka yang tidak baik. Bukan hubungan harmonis yang dibangun jadi hubungan miris...

3. Selalu ada pada saat dibutuhkan. Teman ada saat senang dan saat susah. Ia akan membantu sebisanya kala sang teman mengalami kesulitan.

4. Mengajak pada ketaatan. Teman yang baik adalah teman yang mengajak kepada ketaatan bukan keburukan. Sehingga bisa berbuah kebaikan atau kemudahan u kehidupan selanjutnya.

5. Mengingatkan di kala kita salah. Inilah enaknya punya teman baik, mau untuk mengingatkan, sehingga kita bisa kembali ke jalan yang baik bukan dibiarkan dalam kesalahan apalagi sampai berlarut-larut.

6. Senantiasa berprilaku jujur, amanah dan bertanggung jawab. Tidak semua orang mempunyai siapa ini maka pilih dan pilah teman agar benar benar kehidupan kita menjadi kehidupan bermakna. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun