Mohon tunggu...
Lilis AgusSetiani
Lilis AgusSetiani Mohon Tunggu... Hi, my name is Lilis!

Purwokerto

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pandemi Tak Kunjung Usai, Mahasiswa UNS di Kabupaten Banyumas Jalani KKN Era Covid-19

2 Agustus 2020   19:53 Diperbarui: 2 Agustus 2020   19:42 8 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Tak Kunjung Usai, Mahasiswa UNS di Kabupaten Banyumas Jalani KKN Era Covid-19
Publikasi beberapa program KKN di Desa Karangdadap RT01/RW03 oleh relawan Lilis Agus Setiani|Dokpri

(Banyumas, 2 Juli 2020). Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2020 ini berbeda dibandingkan KKN tahun-tahun sebelumnya. Lantaran dilakukan di tengah pandemi, KKN dilaksanakan secara mandiri atau individu bertajuk UNS Tanggap Wabah Covid-19.  

UNS Surakarta telah menerjunkan 2.045 mahasiswa KKN-nya untuk menjadi relawan Covid-19 di tempat tinggal masing-masing, sejak 15 Mei lalu. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Lilis Agus Setiani (K1317043) turut serta menjadi salah satu relawan Covid-19 di tempat tinggalnya sendiri yakni di Desa Karangdadap, RT 01/RW03, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Di bawah bimbingan Sorja Koesuma, S.Si., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, pelaksanaan kegiatan KKN-nya berjalan dengan lancar dari tanggal 15 Mei sampai 30 Juni 2020.

Mahasiswa yang kerap dipanggil Lilis tersebut menyelenggarakan beberapa program KKN. Program kerja yang Lilis telah jalankan diantaranya, AADC-19 yakni edukasi dan sosialisasi seputar Covid-19 dalam bentuk foto, poster, serta video yang dilakukan melalui WAG PKK RT 01 yang disambut antusias oleh respon ibu-ibu warga RT 01, whatsApp status, Instagram, penempelan poster di tempat umum, pemasangan banner, serta secara langsung kepada beberapa adik-adik setempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selanjutnya, Banyumas (Bagi-Bagi dan Penyuluhan Pentingnya Penggunaan Masker) yang dilaksanakan dengan membagikan masker dan selebaran secara door to door disertai sosialiasi pentingnya memakai masker, wargapun sangat senang saat diberi dan setelah berjalannya program ini mereka terlihat mulai sadar untuk memakai masker saat keluar rumah. Selain itu, ada CTPS yang membudayakan warga untuk sering cuci tangan, dengan pemenuhan tempat cuci tangan portable pada tempat umum yang belum menyediakan disertai sosialisasi, menempel poster cara CTPS yang benar, serta mensosialisasikan secara daring lewat WAG. Ada pula MatikaGo, membantu siswa dari SD hingga SMA yang memiliki kesulitan dalam mengerjakan matematika. Diawali dengan membagikan selebaran secara door to door pada adik-adik RT01, mereka antusias mendaftarkan dirinya, kemudian MatikaGo ini berjalan secara daring melalui WAG serta pemberian video pembelajaran di instagram.

Kasdik, selaku ketua RT pun mengapresiasi terlaksananya program KKN UNS Era Covid-19 ini. Karena dinilai dapat memberikan pemahaman Covid-19 dan membantu pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan setempat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x