Humaniora

Jangan Salahkan Organisasiku

8 April 2018   17:17 Diperbarui: 8 April 2018   17:23 371 3 0

Organisasi merupakan kumpulan dari beberapa orang dengan tujuan yang sama.

 Tujuan dan potensi yang dimiliki setiap orang berbeda, dengan perbedaan ini organisasi juga bermacam -- macam sesuai dengan kepentingan dan tujuan yang ingin dicapainya. 

Tidak semua peserta didik maupun mahasiswa suka dengan organisasi, kebanyakan mereka berfikir bahwa organisasi itu membuang waktu saja, tidak penting untuk perkembangan mereka.

 Orang yang berfikir seperti ini melihat sisi negative yang mereka peroleh dari kehidupan sehari hari, bahwa anak yang ikut organisasi itu kebanyakan suka meninggalkan kelas saat jam pelajaran berlangsung yang mengakibatkan siswa tersebut tidak memahami dan berakibat menurunnya prestasi peserta didik dalam bidang akademis. 

Orang yang mempunyai anggapan seperti di atas tidaklah salah, tetapi alangkah baiknya memandang suatu hal berdasarkan sisi yang lain, dibalik sisi negative terdapat sisi positif mengikuti sebuah organisasi. Sisi positifnya antara lain,

1). Menemukan dan mengembangkan potensi diri kita

 tujuan yang ingin dicapai oleh seorang organisator mengikuti organisasi berbeda beda, dengan perbedaan inilah organisasi juga berbeda -- beda dan banyak macamnya yang bersesuaian dengan potensi yang ingin kita kembangkan, ada yang berhubungan dengan kesehatan seperti PMR ( Palang Merah Remaja), kepemimpinan (OSIS/ PRAMUKA),  selain organisasi di atas juga terdapat organisasi yang berhubungan dengan akademik seperti organisasi penulisan karya ilmiah.   

2). Melatih diri kita untuk terbiasa meyelesaikan masalah 

Dalam organisasi sering dihadapkan dengan berbagai masalah, baik internal maupun eksternal, semakin sering kita menghadapi masalah akan semakin dewasa pemikiran dan membentuk pribadi yang kuat dari terpaan masalah.   

3.Menumbuhkan kebersamaan dan loyalitas 

Organisasi kumpulan dari beberapa orang, setiap orang memiliki pemikiran, ego, dan pendapat yang tidak sama, demi tercapainya tujuan, setiap anggota organisasi harus mengutamakan keputusan bersama walaupun berbeda dengan keputusannya. 

Selain hal hal di atas masih banyak sisi positif yang bisa diambil ketika mengikuti sebuah organisasi, berdasarkan hal positif di atas, seseorang tidak berhak menjelekkan sebuah organisasi, karena pada dasarnya organisasi itu dibentuk dengan tujuan yang baik, yang perlu dipertanyakan adalah orang orang atau anggotannya, bagaimana tingkah laku mereka, apa yang bisa mereka contohkan dan berikan kepada lingkungan sertamanajemen waktunya untuk bisa menyeimbangkan antara akademik dan organisai.