Mohon tunggu...
Lilik IndraWati
Lilik IndraWati Mohon Tunggu... Mahasiswi

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Kegiatan Bereksperimen bagi Anak

5 Desember 2020   00:23 Diperbarui: 5 Desember 2020   00:24 8 1 1 Mohon Tunggu...

Melalui bereksperimen anak akan melatih sebuah pengetahuannya dengan mengembangkan kreativitas yang dimilikinya untuk menciptakan sesuatu yang dirasa menakjubkan bagi anak. Dengan adanya eksperimen ini nantinya akan banyak memunculkan pertanyaan- pertanyaa di dalam pikiran anak dan pastinya anak akan banyak menyeliki tentang apa yang barusan ia ketahui.

Kenapa sih anak harus bereksperimen atau melakukan percobaan? Dengan bereksperimen anak akan melakukan ide yang ada dalam dipikirannya, bukan ide dari orang lain, mengajarkan anak untuk mengenal sebuah proses ketika belum melakukan eksperimen dan sesudah melakukan eksperimen. Dan eksperimen ini sangat membantu anak untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar, pastinya anak juga banyak ingin mencoba sesuatu, dan dapat memecahkan masalah. Dan juga dapat melatih kesabarannya.

Kegiatan untuk meningkatkan kreativitas melalui bereksperimen sangat lah banyak dan alat dan bahan pun banyak yang mudah didapatkan dan sangatlah sederhana, berikut ini kegiatan sederhana dari eksperimen.

  • Pelangi di gelas

  • Alat yang digunakna dalam pelangi di dalam gelas yakni, madu (diberi pewarna merah), sunlight (digunakan sebagai warna hijau), air putih (diberi pewarna warna biru), minyak goreng (warna kuning). Kemudian siapkan gelas kaca yang lumayan panjang, kemudian siapkan sendok digunakan untuk menuangkan cairan tersebut ke dalam gelas dengan perlahan.
  • Caranya masukkan madu yang sudah diberi pewarna merah kemudian masukkan ke dalam gelas, selanjutnya tuang sedikit demi sedikit cairan sunlight dengan ditopang menggunakan sendok yang didekatkan di pinggir gelas, kemudian masukkan minyak secara perlahan dengan ditpang sendok, dan yang terakhir masukkan air yang berwarna biru sedikit demi sedikit dan di topang dengan ¬†sendok. Dan akhirnya pelangi dalam gelas sudah jadi.

  • Telur Mengambang

  • Tujuan eksperimen ini adalah mengajarkan anak tentang pengaruh berat jenis air terhadap benda yang masuk ke dalam air. Bahan yang perlu disiapkan yaitu telur, garam, dan gelas. Caranya menuangkan air ke dalam gelas, kemudian masukkan satu butir telur, telur tersebut akan tenggelam. Kemudian angkat telur tersebut dan tambah kan garam secukupnya, otomatis telurnya akan mengambang , tambahkan lagi garam agar telurnya lebih mengambang ke atas.

  • Pensil bengkok
  • Tujuannya untuk mengenalkan tentang pembiasan cahaya. Bahan yang perlu disiapkan yaitu satu buah pensil, gelas berisi air. Kemudian masukkan pensil ke dalam gelas yang sudah berisi air . dan kemudian suruhlah anak- anak mengamati dari samping, pasti pensilnya akan terlihat seperti bengkok atau .

  • Bunga berubah warna

  • Tujuannya mengajarkan anak untuk selalu menyayangi tumbuhan, dan mengajarkan anak tentang fungsi dari batang yakni dapat menghantarkan air di setiap sel batang dan bunga.bahwa mengalir ke atas sehingga bunga tidak layu dan mati.
  • Bahan yang harus dipersiapkan yakni bunga mawar yang berwarna putih, gelas bening, siapkan juga pewarna. Tetapi di eksperimen ini membutuhkan yang sangat lama. Masukkan bunga mawar yang berwarna putih ke dalam gelas yang sudah berisi air yang berwarna. Kemudian tunggu beberapa jam, jika warna bunga ingn terlihat bagus maka rendam bunga selama satu hari.

  • Bunga mekar di air

  • Bahannya kertas origami, gunting, dan air dalam wadah. Cara membuatnya gunting kertas origami yang seperti kertas karton dibentuk menjadi bunga, lipatlah agar membentuk seperti kelopak bunga, kemudian guntinglah lipatan kelopak bunga, tetapi megguntingnya jangan sampai ujung. Selanjutnya lipat seluruh kelopak tersebut jangan sampai terlalu menekan,agar mudah mekar ketika di masukkan ke dalam air.

  • Tenggelam dan terapung

  • Tujuannya untuk mengetahui massa jenis air. Bahannya siapkan 3 gelas aqua, air putih, minyak goring, dan es batu. Kemudian tuangkan air ke 1 gelas sampai penuh, tuangkan kembali air setengah gelas aqua setengahnya ditambah dengan minyak goring, kemudian yang 1 gelasnya lagi isi dengan minyak goring sampai penuh. Kemudian masukkan satu es batu berukuran sedang ke dalam tiap gelas aqua.

  • Kemudian hasilnya yang berisi air putih full es batunya mengapung, nah sedangkan yang setengah air setengah minyak es batunya mengapung berada di tengah- tengah. Dan gelas terakhir yang berisikan minyak terlihat tenggelam.

  • Balon mengembang tanpa ditiup

  • Bahannnya menggunakan balon, cuka, soda kue, air putih secukupnya dan botol plastic. Langkah- langkahnya. Masukkan air kedalam botol dan campurkan dengan cuka, masukkan soda kue kedalam balon, kemudian tutuplah botol menggunakan balon yang sudah diisi dengan soda kue, kemudian goyang goyangkan samapi soda kue nya jatuh ke dalam air cuka, dan lihat hasilnya balon akan mengembang dengan sendirinya.
  • Terima Kasih Semoga Bermanfaat ya bund

VIDEO PILIHAN