Mohon tunggu...
Lilian Kiki Triwulan
Lilian Kiki Triwulan Mohon Tunggu... Penulis - Always be happy

La vie est une aventure

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Secuil Tips Mudik dengan Tenang saat Rumah Ditinggal!

4 April 2024   20:02 Diperbarui: 4 April 2024   20:17 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Nalau Nobel on Unsplash   

Tak terasa, lebaran sudah tinggal menghitung hari. Liburanpun sudah menanti. Mereka yang merantau jauh sedang mempersiapkan diri. Pulang kampung bertemu keluarga dan sanak saudara tercinta.Bagi sahabat Kompasiana yang sedang mempersiapakan untuk mudik, pastikan semuanya dalam keadaan yang baik. Kondisi tubuh harus tetap fit dan prima agar sampai kampung halaman tercinta bisa menyapa keluarga dengan sehat dan bahagia. Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi perhatian ketika kamu memilih untuk mudik.

1. Pastikan Transportasi untuk Mudik

Transportasi ini harus sudah dipikirkan hauh-jauh haru sebelum memutuskan untuk mudik. Seperti halnya tiket kereta api yang biasanya sudah ludes terjual di awal-awal ramadan. Kadang kita harus berburu secara online menanti apabila ada penumpang yang membatalkan.

Jika memilih dengan bus, pastikan sudah membeli tiket dan tempat duduk yang ditempati sesuai dengan tiket yang dipesan. Saat ini pun beberapa armada bus menjual tiket secara online jadi pastikan bagi kalian yang memilih untuk naik bus sudah pesan jauh-jauh hari. Karena ketika kita memilih pesan langsung di hari keberangkatan yang ada nanti malah desak-desakan dan tidak mendapatkan tiket.

Pesawat, kalau ini saya pribadi belum pernah mudik dengan transportasi yang satu ini. Informasi dari beberapa teman yang mudik ke luar pulau, untuk harga satu tiket pesawat memang luar biasa mahal. Hehe.

Ada juga yang memilih menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor. Bagi pemudik yang memilih menggunakan mobil atau motor pastikan betul-betul kendaraan dalam kondisi yang sehat dan prima. Agar nantinya tidak mengalami gangguan saat perjalanan. Pastikan beberapa hari sebelumnya ke bengkel agar mudikmu terasa lebih nyaman.


2. Pastikan Kondisi Rumah dalam Keadaan yang Baik
Buat kalian yang mudik cukup jauh dan memakan waktu berhari-hari pastikan rumah dalam kondisi yang baik. Baik dalam artian peralatan rumah tangga tidak beresiko terbakar, terhindar dari putusnya hubungan arus listrik dan semua barang tersimpan dengan rapi serta aman.

Yaps, tentunya kita tidak menginginkan ketika pulang ke kampung halaman ternyata kita lupa mematikan setrika, listrik, mesin cuci atau peralatan lain yang beresiko membahayakan. Pastikan kompor dalam keadaan mati, sambungan gas alangkah lebih baiknya dilepas untuk menghindari gas bocor yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Pastikan tidak ada aliran listrik yang menyala seperti setrika, televisi, mesin cuci dan peralatan lainnya. Karena hal ini akan sangat membahayakan dan bisa memicu terjadinya kebakaran. Lalu setelah itu, pastikan semua barang berharga disimpan pada tempat tersembunyi yang tidak mudah dijangkau. Kondisinya harus tersimpan dalam lemari, tertutup rapat dan terkunci. Hal ini untuk menghindari adanya pencurian. Semoga jangan sampai ada hal seperti ini.

Ada yang perlu diperhatikan kembali yaitu kondisi pintu dan jendela rumah harus tertutup dengan rapat agar tidak ada yang orang selain keluarga yang bisa masuk mengakses kondisi rumah.

3. Pasang CCTV

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun