Mohon tunggu...
lidin cho
lidin cho Mohon Tunggu... wong desa

mulai belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Raup Keuntungan Puluhan Juta dari Bisnis Online

27 Februari 2021   14:28 Diperbarui: 27 Februari 2021   14:48 218 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Raup Keuntungan Puluhan Juta dari Bisnis Online
dok. pribadi

Dampak dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan perusahaan yang gulung tikar dan kebijakan-kebijakan pemerintah yang mengharuskan warganya untuk Kerja dari rumah, banyak di alami masyarakat Indonesia di masa pandemi seperti ini.

Hal ini mengharuskan masyarakat untuk kreative berinovasi dan jeli melihat peluang bisnis agar tetap bisa menghidupi keluarganya. banyak dari mereka yang memulai bisnis dadakan, dari buka warung kecil-kecilan hingga jualan online agar bisa menopang biaya hidup.

Maraknya bisnis berbasis online atau e-Commerce juga banyak bermunculan di Indonesia, Melihat potensi dan peluang bisnis yang menguntungkan mendorong banyak pihak untuk mengembangkan jualan online dengan berbagai produk yang ditawarkan.

Seperti yang di lakukan beberapa pemuda di desa Simpur ini, memulai bisnis berbasis online, dengan menawarkan, produk-produk elektronik.

dok. pribadi
dok. pribadi
Johni (pelaku bisnis online) mengaku memulai bisnis online berawal dari sang istri yang memang sejak lama menjajakan dagangannya di Aplikasi facebook.

Melihat potinsi bisnis sang istri, jhoni menggandeng dua adik sepupunya yakni Cholidin dan Nurrachman untuk mendirikan perusahaan yang ia beri nama (RS Production) yang kemudian menjadi RS STORE, nama RS sendiriri di ambil dari kata rasyid yang tidak lain adalah nama kakek mereka.

dok. Rasyid Store
dok. Rasyid Store
Bermodalkan uang 15 jt rupiah, ia beranikan diri untuk sewa rumah di salah satu perumahan yang ada di desa sikasur kecamatan belik kab, pemalang, yang kemudian di jadikan kantor untuk mengelola bisnis mereka.

Perusahaan yang berlogo tiga titik warna yang berbeda ini, menggambarkan tiga saudara yang mempunyai karakter berbeda namun tetep bersatu untuk saling melengkapi.

Terhitung dua bulan sejak di dirikananya perusahaan ini, RASYID STORE setidaknya sudah memiliki reseller sejumlah 50 orang, dimana para reseller ini mendapatkan penghasilan berbeda -beda, dari mulai 100 ribu hingga 1,5 jt, setiap minggunya, tergantung dari jumlah barang yang mereka jual.

dok. pribadi
dok. pribadi
Adit, salah satu reseller RS STORE mengaku senang, karena sejak bergabung di RS STORE, ia punya penghasilan tambahan, bahkan bisa membantu orang tuanya dari hasil menjadi reseller,.

Johni mengaku, bisnisnya ini termasuk kalah start kalau di banding daerah-daerah tetangga seperti purbalingga misalnya, di sana sudah ada "kampung marketer" di mana hampir semua penduduknya berbisnis online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN