Mohon tunggu...
Lidia Putri
Lidia Putri Mohon Tunggu... profesional -

General Practice. Even a drop of water but it can relieve thirst and can make life in the world

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Mengenal Manfaat Berkuda

15 Juni 2014   10:18 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:40 2363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_329062" align="aligncenter" width="377" caption="kuda di Moscow (pic by me)"][/caption]

(Kembali ke alam membuat  ingat untuk lebih sering bersyukur) Hmm seperti ikutan promosi salah satu calon presiden ya??... pikiran itu yang terlintas sewaktu akan menulis ini. Tapi karena  murni bukan niatnya untuk itu, maka tetap memberanikan diri untuk menulis manfaat berkuda.

Alasannya lebih karena baru dua hari kemarin naik kuda di Kaluga, yaitu daerah bisa dibilang pinggiran kota, karena letaknya sudah melewati MKAD atau batas ring 3 kota Moskow. Klub berkuda di sini ternyata cukup banyak. Olahraga yang dari dahulu kala sepertinya harus mengeluarkan kocek yang cukup banyak, nyatanya banyak juga ditekuni di sini, terbukti klub-klub berkuda yang tersebar pada daerah pinggiran kota dan kota Moskow .

Dahulu pernah latihan berkuda, dan sangat senang sekali mendapat kesempatan itu. Kebetulan diberi kesempatan latihan yang tidak memerlukan biaya, hanya biaya buat teraktir makanan di warung saja. Kemudian pernah beberapa kali naik kuda kalau ke Puncak atau ke Bandung, itu pun bukan berkuda seperti latihan balapan kuda.

Beberapa hari ada kesempatan luang libur, maka berpikir apa yang harus dilakukan tanpa harus naik pesawat atau  mengeluarkan uang banyak. Maka terlintas untuk kembali merasakan berkuda, kenapa tidak di Moskow ini. Mencari ke seluruh web yang berisikan tentang klub kuda di Moskow ternyata di luar dugaan.

Olahraga berkuda nyatanya di sini bukan merupakan prestise olahraga buat para orang berkecukupan, merupakan olahraga kegemaran biasa, bahkan menurut beberapa ahli digunakan buat membantu para teman kita yang istimewa dalam pengobatannya.


Berkuda mungkin akan terlihat seperti  sang pengendara hanya asik duduk saja di atas kuda , lalu kemudian sang  kuda itu melakukan semua pekerjaan, tapi berkuda ternyata tidak semudah seperti kelihatannya. Ada banyak hal saat menunggang di mana kuda tidak akan melakukan seperti yang diharapkan. Lebih jauh berkuda mempunyai cukup banyak manfaat. Menunggang kuda adalah hobi olahraga untuk orang dewasa dan anak-anak yang menyenangkan.

Pada awalnya  mungkin merasa bahwa hanya belajar untuk duduk di atas pelana dan mengendalikan kuda merupakan sebuah tantangan yang miudah, tapi setelah terus berkuda akan menemui berbagai masalah yang berbeda, sehingga kita terus melatih agar bisa mengetahui dan membuat hubungan komunikasi dengan kuda. Bahkan penunggang kuda yang paling berpengalaman pun  harus mengakui bahwa selalu ada sesuatu yang baru sehingga  membuat terus belajar untuk ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan belajar seumur hidup untuk mengetahui ini secara tidak langsung akan dapat mencegah hilangnya memori. Sama halnya seperti otot, pada otak juga mempunyai kebutuhan untuk olahraga agar menjaga terus merangsang pembentukan sel baru. Kuda memberikan rangsangan pada otak untuk bekerja  aktif.

Salah satu cara untuk membantu teman kita yang istimewa yaitu dengan hippotherapy, hal ini cukup banyak terdapat di sini, serta kiranya membantu teman kita dengan cara ini masih jarang di Indonesia.  Dengan   hippotherapy dapat membuat hubungan kombinasi yang harmonis teknik orientasi tubuh dan membuat dampak kognitif pada jiwa pasien. Manfaat lain tentunya pasti akan membuat rasa senang saat naik kuda, lalu kebugaran fisik dan mental serta kesempatan jalan untuk menikmati pedesaan terbuka.

Berkuda juga bisa membuat  keseimbangan dan koordinasi  juga fungsi motorik lebih berkembang. Manfaat lainnya memperkuat otot, mencegah kram otot, percepatan refleks, meningkatkan mobilitas sendi, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kardiovaskular, merangsang integrasi sensorik, meningkatkan persepsi visual ruang, selain itu membuat rasa tanggung jawab, kesabaran dan disiplin diri, meningkatkan kepercayaan diri.

Cukup banyak membaca artikel dokter di Rusia yang menyarankan pelajaran menunggang kuda untuk orang-orang yang telah menderita serangan jantung, karena dengan berkuda membuat efek positif buat mereka terutama pada sistem peredaran darah, pernapasan, pencernaan dan sistem saraf  serta menjauhkan stres juga depresi.

[caption id="attachment_329065" align="aligncenter" width="252" caption="ketika di kandang"]

1402776249316442761
1402776249316442761
[/caption]

Pada wanita berkuda mempunyai keunggulan yang khusus, di mana pada faktanya wanita yang punya tingkat emosional tinggi, tapi saat berkuda dapat sebagai  anti-depresan alami. Dalam hal ini berkuda dapat melatih mengelola dari sisi romantis dan emosional wanita, selain itu lingkungan serta udara segar bisa membuat kondisi mental menjadi lebih baik. Maka menunggang kuda merupakan salah satu cara yang paling indah untuk menghabiskan waktu, menyingkirkan semua kekhawatiran dan masalah, Istirahat dan sedikit melarikan diri hiruk-pikuk kebisingan kota.

Berjalan dengan kuda membuat koneksi langsung dengan alam, bisa juga sebagai teman penghibur terutama saat berjalan melintasi pedesaan dengan pemandangan yang masih alami serta sejuk, maka secara tidak langsung dapat sebagai  anti stress dan depresi. Karena itu tidak heran jika ada paket tour berkuda akhir pekan di pedesaan khusus untuk individu, kelompok, atau keluarga. Dimana yang membuat kagum adalah akomodasi atau penginapan yang digunakan bisa hanya dengan rumah desa seadanya atau tinggal di tenda-tenda (berkemah).

Berpikir kembali, semuanya merupakan ciptaan Sang Pencipta Yang Maha Esa, kembali bersyukur dan menikmati  alam dan sekitarnya sehingga membuat diri kita menjadi lebih menyadari kita bukan apa-apa... bukankah secanggih apa pun padi jaman ini tapi tetap saja padi semakin berisi maka semakin merunduk... hanya orang yang tidak ingin menyadari bahwa tidak ada padi yang berisi selalu tegak....

Senang berbagi,

Kaluga-Boltino, daerah Moskow 140614

[caption id="attachment_329060" align="aligncenter" width="432" caption="menikmati indahnya ciptaan Sang Pencipta (pic by me)"]

1402775614865990888
1402775614865990888
[/caption]








Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun