Lidia Alfi
Lidia Alfi Siswa yang baik

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kulit Melinjo yang Enak dan Banyak Manfaat

20 April 2019   13:33 Diperbarui: 20 April 2019   13:41 60 3 3
Kulit Melinjo yang Enak dan Banyak Manfaat
img-20190420-132950-5cbabcb695760e74406ed1b5.jpg

Nikmatnya kulit Melinjo

Bagi sebagian besar masyarakat di Kecamatan Paguyangan tidak asing lagi yang namanya masak kulit melinjo, mungkin di salah satu desa di Kecamatan Paguyangan menjadi makanan favorit , salah satunya masyarakat di Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Kulit melinjo menjadi makanan favorit karena dijumpai apabila sedang panen. Harganya pun bisa sangat mahal per kilo , jika pertama kali panen. Dan jika bukan musim panen, akan sulit di jumpai. 

Kulit melinjo dapat di olah dengan berbagai olahan seperti abon, disayur, dan dibuat keripik. Untuk sekarang ini banyak kita jumpai olahan melinjo yang berupa keripik di tempat oleh-oleh , harga sangat terjangkau dan rasanya pun enak. 

Kalau ingin mencicipi bagaimana rasanya, kapan- kapan datang saja ke rumah.

Sebelumya kita harus tahu apa manfaat atau khasiat dari kulit melinjo, berikut penjelasannya

Pohon melinjo merupakan salah satu jenis pohon yang bisa dimanfaatkan dari bagian biji, daun serta kulitnya untuk dikonsumsi. Bagian daun melinjo biasanya digunakan untuk campuran sayur seperti sayur asam, sementara bagian bijinya juga dibuat untuk campuran sayuran dan juga dibuat emping. Sedangkan untuk kulit melinjo yang berbentuk tebal dan berwarna merah bisa dipergunakan juga untuk dikonsumsi serta memiliki banyak kegunaan serta khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Dalam kulit melinjo memiliki banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin A, kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, protein serta vitamin. Untuk mengetahui apa saja manfaat kulit melinjo selengkapnya bagi tubuh, bisa anda lihat pada ulasan berikut ini.

1. Sebagai Sumber Energi
Dalam kulit melinjo mengandung energi yang cukup tinggi dan bisa dijadikan alternatif untuk asupan pembangkit energi dan kandungan karbohidrat yang ada didalam kulit melinjo juga akan membuat rasa kenyang di dalam perut lebih lama.

2. Mencegah Asam Urat

Berbeda dengan biji melinjo yang merupakan penganan berbahaya serta harus dihindari para penderita asam urat, kulit melinjo justru sangat berguna untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Senyawa yang terkandung dalam kulit melinjo ini akan menghambat xantin oksidase enzim atau pensitesis asam urat, sehingga dengan mengkonsumsi kulit melinjo akan menurunkan serta mencegah asam urat tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Otot
Dalam kulit melinjo juga mengandung protein yang sangat baik dalam menjaga serta memperbaiki kinerja dari otot. Apabila dikonsumsi secara rutin dan dalam jangka waktu panjang, kulit melinjo juga akan membantu dalam pembentukan masa otot. 

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Dengan kesehatan gigi dan tulang yang selalu terjaga, maka akan menjaga kinerja dengan baik sehingga tetap bekerja sampai usia lanjut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi sejak sekarang dan salah satu penganan yang memiliki kandungan kalsium serta fosfor tinggi adalah kulit melinjo.

5. Menguatkan Daya Ingat
Untuk daya ingat yang selalu bagus dan terjaga kinerjanya, maka dibutuhkan kandungan vitamin serta protein. Kedua nutrisi ini juga bisa didapatkan dari kulit melinjo yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan mempertahankan fungsi dari otak tersebut

6. Mempertajam Penglihatan
Khasiat berikutnya yang terkandung dalam kulit melinjo untuk kesehatan adalah untuk mempertajam sekaligus memperbaiki sistem penglihatan yakni mata. Vitamin A tinggi yang ada pada kulit melinjo ini sangat berguna untuk mempertajam penglihatan mata serta menjaga kesehatan mata sampai usia tua dengan cara rutin mengkonsumsi kulit melinjo.

7. Sumber Antioksidan
Antioksidan memiliki peranan penting dalam tubuh yakni menangkal berbagai radikal bebas yang berasal dari polusi dan berbagai penyakit lainnya. Kulit melinjo juga memiliki peranan penting sebagai sumber antioksidan yang baik sebab mengandung vitamin C tinggi untuk menangkal berbagai radikal bebas tersebut.

8. Melancarkan Peredaran Darah
Dalam kulit melinjo juga mengandung lemak baik yang akan berperang melawan lemak jahat yang tertimbun didalam aliran darah tubuh. Dengan mengkonsumsi kulit melinjo secara rutin, maka penumpukkan lemak jahat di dalam tubuh juga akan semakin berkurang sehingga membuat peredaran darah bisa semakin lancar.

9. Mencegah Kekurangan Darah atau Anemia
Anemia atau kekurangan darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi kulit melinjo secara rutin. Kandungan zat besi yang ada di dalam kulit melinjo akan berperan aktif dalam membentuk sel darah merah menjadi lebih banyak lagi.

10. Mencegah Penyakit Diabetes
Kandungan likopen yang terdapat pada kulit melinjo juga memiliki peranan penting dalam mencegah penyakit diabetes sekaligus meningkatkan kesuburan seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2