Mohon tunggu...
Lia
Lia Mohon Tunggu... Lainnya - Passionate on content marketing and journalism

Literatus penyuka aroma hujan

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Apa Itu Geomungo? Alat Musik yang Dimainkan Jisoo BLACKPINK di MV Pink Venom

19 Agustus 2022   21:45 Diperbarui: 19 Agustus 2022   21:50 199 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jisoo memainkan geomungo dalam M/V Pink Venom, Sumber: Teras Jabar

Video klip Blackpink baru saja rilis hari ini, 19 Agustus 2022. Video klip berjudul Pink Venom tersebut sontak menjadi trending di Youtube. Video klip tersebut dibuka dengan Jisoo sedang memainkan Geomungo. Apa itu Geomungo?

Mengenal Geomungo, Alat Musik Tradisional Korea Selatan

Karya musik Blackpink selalu menjadi perbincangan hangat. Wajar saja, girlband asal Korea Selatan yang beranggotakan Jisoo, Lisa, Rose, dan Jennie ini memang selalu memikat. Tahun ini, Blackpink dikabarkan comeback dengan lagu terbarunya berjudul Pink Venom. 

Dalam M/V berdurasi sekitar 3 menit lebih tersebut dibuka dengan Jisoo yang memainkan sebuah alat musik. Alat musik tersebut merupakan alat musik tradisional dari Korea Selatan, namanya Geomungo. 

Dikutip dari situs Unisa, geomungo atau hyeon-geum ini merupakan kecapi hitam. Ditelusuri dari sejarahnya, alat musik tersebut sudah ada dari zaman Goguryeo. Sebab itu, alat musik ini juga biasa disebut kecapi Goguryeo. Alat musik Korea ini termasuk ke dalam alat musik petik. 

Dalam bahasa Korea (Hangeul), geomungo dituliskan atau . Menurut babad (cerita) dalam Samguk Sagi (Sejarah Tiga Kerajaan), alat tersebut ditemukan oleh seorang perdana menteri bernama Wang San-ak. Kemudian diwariskan secara turun-temurun dan  menyebarluas ke seluruh negeri Ginseng tersebut.

Jika sudah menonton M/V Pink Venom, tentu sudah tahu cara memainkan alat musik tersebut. Seperti yang dilakukan Jisoo, alat musik ini dimainkan dengan cara memetik sinarnya menggunakan tongkat bambu kecil bernama suldae. Cara memainkannya sambil duduk.  

Selain itu, alat musik tersebut juga pernah dimainkan dalam sebuah drama Korea berjudul Empress Ki. Dalam drama tersebut, ada adegan di mana Ha Ji Won memainkan geomungo. Bisa dikatakan alat musik tradisional Korea ini erat dengan masa-masa kerajaan Korea Selatan. 

Pelestarian Budaya Tradisional Korea dalam Kpop

Meski perkembangan musik Kpop saat ini lebih modern, bukan berarti tidak bisa berkolaborasi dengan budaya tradisional Korea Selatan. Melalui M/V terbaru Blackpink tersebut, dapat dibuktikan bahwa unsur budaya tradisional Korea juga bisa masuk dalam industri Kpop. 

Hal ini juga didukung dengan outfit dan aksesoris yang dikenakan oleh Jisoo yang mana membawa nuansa tradisional Korea dalam video klip tersebut. 

Di sisi lain, pembukaan Jisoo dengan memainkan geomungo tersebut memang memukau seolah ada daya karistik tersendiri. Dilansir dari berbagai sumber, diketahui bahwa ternyata Jisoo Blackpink masih keturunan bangsawan. Untuk itu, wajar saja jika Jisoo tampak cocok yang membawakan seni tradisional Korea tersebut sebagai pembukaan M/V Pink Venom. 

Tanpa disadari, hal ini sebenarnya turut membantu menyebarkan budaya tradisional Korea pada masyarakat luar. Apalagi ketika sebuah seni tradisional tersebut dibawakan oleh idol atau musisi Korea ternama seperti Blackpink ini. Maka, tidak mengherankan jika budaya tradisional Korea masih tetap lestari meski zaman terus berubah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan