Mohon tunggu...
Lia Sutiani
Lia Sutiani Mohon Tunggu... Lainnya - Freelance menulis

Literatus penyuka aroma hujan

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis

Bangga! Piala Thomas Cup Dimenangkan Indonesia, Simak Sejarahnya

17 Oktober 2021   23:55 Diperbarui: 18 Oktober 2021   00:15 72 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bulutangkis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Vladislav Vasnetsov

Selamat, Indonesia bangga! Kita semua bangga!

Ya, Piala Thomas berhasil pulang kembali ke tanah air. 

Minggu malam ini, 17 Oktober 2021, para atlet Indonesia di regu pria telah berhasil memenangkan pertandingan yang cukup sengit. Kejuaraan Piala Thomas  yang digelar pada tahun 2021 ini menjadi torehan prestasi para atlet Indonesia selain diacara Olimpiade Tokyo sebelumnya. Kemenangan ini makin membuktikan bahwa kemampuan para atlet bulu tangkis kita belum tumpul.  

Dilansir dari CNN Indonesia, kemenangan Jonatan Christie atau yang kerap disapa Jojo atas perwakilan China, Li Shi Feng menjadikan Indonesia menang 3-0 atas China. 

Lalu, bagaimana dengan sejarah Piala Thomas itu sendiri ? Mengapa namanya Piala Thomas ? 

Nama Piala Thomas atau Thomas Cup ini diambil dari nama mantan presiden IBF, Sir George Alan Thomas. Sir George Alan Thomas juga merupakan atlet bulu tangkis dan berhasil menjuarai kejuaraan badminton All-England sebanyak 7 kali. 

Piala Thomas ini termasuk kejuaraan tertua yang diadakan oleh International Badminton Federation (IBF). Pertandingan pertama Piala Thomas tersebut diadakan pada tahun 1948-1949. Pertandingan tersebut diadakan di Preston, Inggris. Sementara untuk pertandingan sekarang ini diadakan di Aarhus, Denmark.

Indonesia sebagai negara yang dikenal akan potensi bulu tangkisnya tercatat telah berhasil mengoleksi Piala Thomas sebanyak 13 gelar. Indonesia pertama kali menjuarai Piala Thomas pada tahun 1958 yang diadakan di Singapura. Hingga terakhir, kemenangan tersebut terjadi pada tahun 2002. Akhirnya di tahun 2021, sejarah itu terulang kembali. Selamat para atlet, Bumi Pertiwi Bangga!

Referensi:

Raihan F. Hasil Final Piala Thomas 2020: Jonatan Christie Menang, Indonesia Juara! https://www.kompas.com/badminton/read/2021/10/17/21564398/hasil-final-piala-thomas-2020-jonatan-christie-menang-indonesia-juara?page=all.
Piala Thomas. http://p2k.unkris.ac.id/id3/3065-2962/Piala-Thomas_34739_mputantular_p2k-unkris.html

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan