Mohon tunggu...
Liam Max
Liam Max Mohon Tunggu... Seorang Trader dan Investor dari Indonesia

trader dan investor

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Memilih Peluang Usaha dan Investasi Uang

14 September 2019   03:21 Diperbarui: 15 September 2019   02:04 0 0 0 Mohon Tunggu...
Memilih Peluang Usaha dan Investasi Uang
shutterstock

Sulitnya ekonomi di masa sekarang sebenarnya juga memicu banyak sekali menumbuhkan peluang-peluang lain yang menarik, tetapi di antara banyak peluang tersebut tentunya kita harus jeli dalam memilihnya karena jangan sampai alih-alih sudah serius menjalankan bidang tersebut ternyata ujung-ujungnya penipuan atau scam, ataupun sudah kerja keras bertahun-tahun tetapi tanpa hasil.

Di tips kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara memilih suatu peluang tersebut dan untuk investasi .

Peluang saat ini terbagi menjadi 2 jenis menurut saya yaitu ONLINE dan OFFLINE, dan untuk bisa dikatakan itu adalah sebuah peluang menurut saya adalah bilamana imbal hasil yang diberikan sangatlah menarik dan diatas suku bunga bank + inflasi, serta tidak perlu memerlukan modal yang besar (BALIK MODAL HARUS CEPAT).

Jadi misalkan dengan modal uang sekitar puluhan juta rupiah saja tetapi bisa menghasilkan ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah hanya dalam tempo waktu di bawah 5 tahun. Yang namanya peluang adalah harus bisa memberikan manfaat besar dalam waktu singkat, jadi bukan yang sekedar kerja keras tetapi hasil sedikit dan memerlukan waktu lama.

Memang ada juga peluang yang membutuhkan modal besar sampai bermilyar-milyar bahkan trilyunan rupiah, tetapi tentu saya tidak membahas peluang seperti itu disini, karena hanya segelintir orang para konglomerat yang sanggup mengambil peluang yang seperti itu, selain itu kemampuan saya juga belum berada di tahap itu, jadi saya belum bisa berbagi pengalaman di tahap konglomerat tersebut :)

Ok, kita kembali ke laptop

Untuk Peluang yang OFFLINE adalah seperti halnya bisnis konvensional pada umumnya tetapi bisa memberikan sumber pendapatan yang masif (banyak dan cepat), tetapi karena offline tersebut sebagian besar tidak bersifat digital maka seringkali membutuhkan modal yang lebih besar ataupun tempo waktu yang lebih lama, serta proses yang lebih ribet.

Contoh beberapa peluang offline adalah seperti jual beli bisnis waralaba atau franchise, bisnis minimarket dengan banyak cabang, lalu jual makanan minuman sederhana yang kemudian membludak pengunjungnya, jual ramuan2 herbal, menjadi seorang motivator dan sebagainya.

shutterstock
shutterstock
Lalu untuk Peluang ONLINE adalah yang berbasis pada bisnis digital yang saat ini sedang marak, tetapi karena sangking banyaknya maka seringkali kita bingung dalam memilihnya, dan lebih banyak tipu-tipunya juga jika tidak hati-hati.

Peluang usaha Online terdiri dari berbagai bidang seperti halnya E-Commerce, perusahaan rintisan aplikasi (startup), bisnis sosmed, payment, dan bisnis Keuangan secara Online.

shutterstock
shutterstock
Untuk peluang di bidang e-commerce dan payment sepertinya saat ini hanya bisa dilirik dan dilakukan oleh para konglomerat ataupun yang berkantong sangat tebal saja mengingat sudah sangat sengitnya persaingan di bidang itu dan banyak melakukan "bakar duit" hingga Trilyunan rupiah, kemudian untuk perusahaan rintisan startup juga membutuhkan skill di bidang coding software ataupun memanage team yang mahir/kompeten di bidangnya tetapi peluang keberhasilannya terbilang sangat rendah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5