Gayahidup

Manfaat Limbah Sekam Padi sebagai Bahan Stik Aromaterapi

6 November 2017   07:52 Diperbarui: 6 November 2017   08:38 351 0 0

Kata limbah seringkali diartikan masyarakat sebagai bahan buangan atau bahan sisa yang mengganggu lingkungan sekitar dan kesehatan manusia. Salah satu diantaranya adalah sekam padi yang merupakan bahan buangan setiap kali terjadi proses penggilingan padi. Sekam padi adalah bagian dari padi yang berupa lembaran bersisik dan tidak dapat dimakan. Saat ini pemanfaatan limbah sekam padi masih sangat sedikit dan terbatas di bidang pertanian, sehingga sekam tetap menjadi limbah yang menggunung.

Untuk lebih memudahkan pemanfaatan sekam, maka sekam perlu dipadatkan menjadi bentuk yang lebih sederhana dan praktis. Salah satu diantaranya adalah sebagai bahan dasar pembuatan aromaterapi stik karena bentuk sekam sangat mudah terbakar. Dalam rangkaian

Aromaterapi merupakan salah satu alternatif pengobatan yang sudah dikenal masyarakat cukup lama sebagai bentuk pengobatan herbal. Aromaterapi selain merupakan alterantif pengobatan juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress, kepenatan, memberikan rasa tenang dan nyaman terhadap penggunanya. Cara pemakaian yang mudah dan praktis dari aromaterapi dalam berbagai kemasan sangat digemari.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan aromaterapi dalam stik diantaranya adalah :

1. Sekam padi yang diserbukkan (diselep)

2. Serbuk kemenyan untuk menyempurnakan proses pembakaran

3. Serbuk kayu cendana untuk mempertajam aroma dan proses pembakaran

4. Serbuk cengkeh atau serbuk lainnya sesuai dengan keperluan

5. Bibit minyak esensial sebagai bahan aktif yang memberikan efek pengobatan

6. Stik untuk menempelkan adonan

6. Lem kayu

7. Bahan tambahan lain yang sesuai

Dyah Aryantini M.Sc., Apt. menjelaskan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat IIK Bhakti Wiyata Kediri di Desa Gambyok tentang cara pembuatan stik aromaterapi. Terlebih dulu dilakukan pengecilan ukuran sekam agar lebih mudah dirapatkan yakni dengan cara penyosohan atau diselep. Serbuk sekam halus dicampurkan dengan bahan-bahan padat lain dengan penambahan air secukupnya hingga menjadi adonan yang kalis. Selanjutnya adalah penambahan bibit minyak esensial yang bisa dibeli di toko bibit minyak wangi, bibit minyak inilah yang akan menjadi bahan aktif dari aromaterapi stik sesuai dengan tujuan penggunaannya. Adonan kalis yang sudah berisi bibit minyak tersebut kemudian ditempelkan pada stik yang sedikit dilumuri lem kayu. Setelah adonan menempel sempurna stik-stik tersebut dipanggang dalam oven dengan api sedang.

Sangat mudah bukan, siapapun akan dapat memanfaatkan limbah sekam padi menggunung yang mengganggu kenyamanan merubahnya menjadi produk yang justru bermanfaat untuk menimbulkan kenyamanan. Selamat mencoba.