Mohon tunggu...
Lia Ratnaningtyas
Lia Ratnaningtyas Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mahasiswa KKN UM Gagas Desain Konsep Desa Wisata untuk Desa Ngingit, Malang

27 Juli 2022   03:51 Diperbarui: 27 Juli 2022   03:54 126 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Penyerahan Maket Desain Konsep Desa Wisata Kepada Pihak Desa Ngingit/dok pribadi

Desa wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung. 

Desa wisata juga berkaitan erat dengan bonus geografi yang dimiliki suatu desa sehingga dapat dimanfaatkan sebagai potensi wisata yang menarik minat berkunjung wisatawan. 

Konsep Desa Wisata ini dibuat oleh tim KKN Universitas Negeri Malang sebagai bentuk pelestarian budaya yang mendukung penuh pelibatan unsur-unsur lokal untuk dijadikan sebuah Landmark suatu wilayah.

Namun tidak semua Desa memiliki bonus wilayah yang potensial untuk dijadikan sebagai wisata lokal desa tersebut. Tidak terdapatnya sebuah potensi wisata bukan berarti dalam suatu desa tersebut tidak bisa dibuat wisata lokal yang identik. 

Salah satu konsep yang ditawarkan oleh tim KKN Universitas Negeri Malang adalah wisata "Taman Jambu" yang bertema wisata alam edukatif. Dalam taman jambu ini terdapat wisata Petik Jambu dimana pengunjung bisa memetik buah jambu secara langsung dan fresh dari pohon nya langsung.

Selain itu juga terdapat gazebo, taman bermain untuk anak, kolam ikan koi yang jernih, serta rumah buku yang bisa dijadikan sebagai perpustakaan umum untuk menambah minat membaca masyarakat sekitar. 

Taman Jambu ini cocok untuk dijadikan sebagai wisata untuk desa yang kurang mempunyai potensi alami untuk dijadikan tempat wisata. Selain itu dengan adanya taman ditengah-tengah desa, dapat mendorong perputaran ekonomi masyarakat setempat.

Foto: Desain Konsep Desa Wisata Taman Jambu/dok pribadi
Foto: Desain Konsep Desa Wisata Taman Jambu/dok pribadi

Gambar diatas merupakan contoh konsep denah wisata taman jambu yang dibuat oleh tim KKN Universitas Negeri Malang. Denah Wisata taman jambu dimulai dengan tanaman jambu disebelah kanan gerbang masuk, yang nantinya akan dijadikan sebagai wisata petik jambu. 

Dilanjut dengan gazebo-gazebo yang diletakan di sebelah kanan jalan masuk sebagai tempat beristirahat oleh wisatawan. Terdapat juga wisata kola ikan air yang terletak di belakang tanaman jambu, dimana nantinya wisatawan bisa memberi makan secara langsung ikan koi yang ada di kolam. 

Tak lupa, terdapat juga wisata playground untuk anak-anak bermain yang terletak di belakang gazebo sehingga berhadapan langsung dengan kolam ikan koi untuk menambah kesan estetikanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan