Mohon tunggu...
SITI NURLAILATULHIDAYAH
SITI NURLAILATULHIDAYAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tugas Kuliah

Mahasiswa UIN KHAS Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Terjemah Al Quran Metode Safinda

26 Oktober 2021   21:38 Diperbarui: 26 Oktober 2021   22:02 64 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Metode Safinda merupakan metode yang unik karena memiliki perbedaan dengan metode lainnya, yaitu mempelajari bahasa arab secara keseluruhan dan dengan merumuskan teori dasar nahwu shorof quantum dengan penerapan pembelajaran semudah mungkin. Metode ini dapat diajarkan pada anak usia dini, karena tata cara pembelajarannya yang mudah.

Tahapan awal sebelum pembelajaran termah Al-qur'an dengan metode PPTQ Safinda dimulai setidaknya ada dan tersedianya waktu dan lokasi pembelajaran, Tahapan berikutnya ialah mengikuti proses pembelajaran dengan berbagai materi yang sudah dipersiapkan, dan setiap materi memiliki jenjang pendidikan tersendiri.

ada tiga keistimewaan metode ini , yaitu metode ini sangat mudah dipraktikkan dan efisien dalam memahami isi kandungan Al-qur'an. Kedua, Metode ini memberikan akses yang cukup urgen bagi masyarakat muslim yang belum pernah mengikuti jenjang pendidikan di tingkat pesantren. 

Ketiga, Metode PPTQ Safinda merupakan satu diantara peran dan usaha untuk permasyarkatan Al-qur'an dan meng-Qur'an-kan masyarakat. Sedangkan kekurangan dari metode PPTQ Safinda ini adalah pada aspek menghafal lafadz beserta artinya terutama bagi peserta didik yang berusia dewasa atau orang tua, walaupun didalam metode ini disediakan kamus lafadz Al-qur'an, karena metode ini di awal proses pembelajarnnya lebih menekankan kepada aspek menghafal dengan bantuan media pembelajaran berupa materi juz pertama yang berisikan surat Al-Fatihah dan surat Al-Baqarah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan