Mohon tunggu...
Levina Litaay
Levina Litaay Mohon Tunggu... Insinyur - Simple, smart, sportive

Community base development, complex problem solving, event organizer

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Lukisan Alam dalam Fotografi Pulau Vulkanik "Teon"

23 Januari 2024   17:12 Diperbarui: 24 Januari 2024   16:55 703
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sunset terlihat dari Kampung Mesa Pulau "Vulkanik" Teon Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku - November 2021 (dokpri)

Lukisan Alam dalam Fotografi Pulau Vulkanik "Teon"

Penulis lahir dan besar di Ambon, Maluku pada tahun 1966 dan menyelesaikan sekolah menengah atas pada tahun 1985. 

Selanjutnya melanjutkan kuliah di kota terbesar kedua di Indonesia yaitu Surabaya dan akhirnya bermukim di Jakarta ketika bekerja sejak 1992 hingga kini.

Selalu ada rasa kerinduan mendalam terhadap alam Maluku karena original anugerah Tuhan terhadap keindahan alam yang sangat memikat. 

Laut, pantai, gunung, teluk dan rangkaian pulau adalah alamat liburan yang dapat dinikmati selalu ketika pulang ke Ambon. Mempesona!

"Beta ingin mau pulang ka Amboina e, pulang ke kampungku di Maluku" (Saya ingin pulang ke Ambon, pulang ke kampung saya di Maluku). Sepenggal lagu yang sangat popular. Lagunya sudah  begitu lama dan dikemas dan dinyanyikan ulang oleh sejumlah penyanyi generasi berikutnya seperti Joice pupela, Gerson Rehatta, Joseph Leiwakabessy dan lain lain.


Lagu "Beta ingin pulang" oleh Gerson Rehatta ( Sumber You Tube : Kevins Music Production)

Sejumah karya lagu asal Maluku mengetengahkan kerinduan hendak pulang ke Ambon, karena alam yang begitu menggoda dan menoreh memori permanen bagi siapapun yang mengunjunginya. 

Sebutan branding Ambon “Manise” merupakan frasa satu-satunya kota di Indonesia bahkan kota yang ada dimuka bumi ini yang menggunakan istilah tersebut.

Sejak tahun 1985 hingga saat ini sudah tak terhitung penulis kembali ke kampung halaman mengunjungi Ambon, Maluku. 

Namun di bulan November 2021 menjadi momen yang cukup langka dan memorable karena mendapat undangan menghadiri Peresmian Gedung GPM (Gereja Protestan Maluku) Imanuel Jemaat Mesa di Pulau Teon Kabupaten Maluku Tengah. Yang benar-benar sangat luar biasa! membayangkan akan ada di sebuah pulau kecil ditengah dalamnya Laut Banda, laut terdalam di Indonesia. Pulau terisolasi! Bahkan pulau tersebut ternyata sebuah pulau gunung api aktif! Wouw.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun