Mohon tunggu...
Lestyo Haryanto
Lestyo Haryanto Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang pembelajar yang menulis apa saja

Seorang karyawan yang mempunyai hobi menulis. Sebuah tulisan baginya adalah cara untuk berbagi dengan orang lain. Ketika orang lain terispirasi dengan tulisan, ia sudah senang dan bahagia. Penulis empat buku solo dan kontributor puluhan antologi berbagai genre.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

4 Kesalahan dalam Meyakinkan Orang Lain

11 September 2021   12:13 Diperbarui: 11 September 2021   12:12 58 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam beberapa kesempatan mungkin kita perlu meyakinkan orang lain untuk mengikuti apa yang kita kehendaki.  Contoh nyata misalnya ketika kita harus menjual barang atau jasa.  Kemampuan untuk meyakinkan orang lain sampai mereka mau memakai barang atau jasa kita sangatlah diperlukan.

Namun ternyata ada hal-hal yang sebenarnya tidak boleh kita lakukan ketika kita mau meyakinkan orang lain. Berikut ini 4 kesalahan yang sering dilakukan orang ketika berusaha meyakinkan orang lain:

Pixabay
Pixabay
  • Terlalu Banyak Bicara dan Tak Mau Mendengarkan Orang Lain.

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan.  Kita beranggapan karena kita yang harus meyakinkan orang maka kita yang harus banyak bicara.  

Kita langsung berbusa-busa menerangkan kelebihan barang atau jasa kita sambil terkadang menyinggung kelemahan kompetitor tentunya. Kita mungkin lupa bahwa meyakinkan orang itu bisa dilakukan dengan membujuknya, dan seorang pembujuk justru adalah pendengar yang baik.  

Kita mendengarkan orang lain untuk dapat menemukan keinginan dan kebutuhan lawan bicara kita.  Dari situlah kita bisa mulai untuk membujuk mereka.

Pixabay
Pixabay
  • Terlalu Memaksa.

Kita harus menyadari bahwa pada dasarnya orang itu tidak mau dipaksa.  Oleh karena itu perlu kiranya ketika kita berusaha meyakinkan orang lain, kita tidak boleh melakukan pemaksaan kepada lawan bicara kita.  

Menekan orang lain, memaksa sampai menyudutkan orang itu adalah hal yang haram untuk dilakukan.  Kita perlu menjaga keseimbangan hal itu.  Memang susah tapi harus dilakukan.  

Dampak dari pemaksaan yang kita lakukan adalah bahwa orang itu akan merasa terganggu, marah dan pada akhirnya tidak mau menggunakan barang atau jasa yang kita jual.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan