Mohon tunggu...
Lestikanur Harahap
Lestikanur Harahap Mohon Tunggu... Mahasiswi

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini dan SD di Masa Pandemi

13 Agustus 2020   18:53 Diperbarui: 13 Agustus 2020   18:45 13 0 0 Mohon Tunggu...

Nama : Lestika Nur Harahap
Email: lestikaharahap06@gmail.com
Jurusan: Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas: F.Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas:UINSU MEDA



Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini dan SD di Masa Pandemi
Bagi sebagian orang tua diantara kita sangat ingin mengajarkan bahasa inggris pada anak mengingat teknologi dan  zaman  yang akan semakin maju nantinya tak bisa dipungkiri perannya sebagai bahasa pemersatu dunia atau bahasa internasional menjadikan bahasa inggris banyak diminati dan dipelajari oleh  masyarakat di seluruh dunia tak terkecuali bagi kita di indonesia sekali pun masih menempatkan bahasa asing di indonesia.

UU sisdiknas no. 20 tahun 2003 menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui  pemberian  rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.  Mengajarkan bahasa sebaiknya dimulai pada saat usia masih dini karna Beberapa orang menyebut fase atau masa ini sebagai golden age karena masa ini sangat menentukan seperti apa mereka kelak jika dewasa baik dari segi fisik, mental maupun kecerdasan.

Jika di usia dini  saja kita sudah mengenalkan bahasa inggris maka anak akan mulai terbiasa dan memahami secara dasar bagai mana bahasa inggris itu sendiri. Namun disisi lain mengingat kondisi yang sekarang kita alami adalah  masa pandemi covid 19 dan menuntut kita harus tetap berada dirumah, mulai bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan segala aktivitas lainnya yang harus kita lakukan dirumah.

Sebagai peran orang tua kita bisa manfaatkan  kondisi sekarang untuk mensiasati belajar anak, dimulai dari orang tua harus memberikan pendekatan sedikit tentang bahasa inggris dengan cara mengenalkan bagaimana bahasa inggris itu sendiri. orang tua bisa membuat beberapa strategy agar membuat belajar anak lebih menyenangkan. berikut beberapa strategy yang bisa di terapkan sendiri dirumah:

membiasakan anak belajar Bahasa Inggris
Tak perlu memiliki bahasa inggris yang sempurna untuk mengajarkan bahasa inggris pada anak hanya mengenalkan bagian mendasar saja terlebih dahulu,  jika kita ingin mengajari anak kita diusia dini maka kita harus melibatkan diri kita sendiri disana, anak terlebih dahulu mengenali sebelum dia meniru. 

beri contoh yang sederhana dengan mengenalkan bahasa inggris ibu = Mother, Mommy, Mom ayah = father, Daddy, Dad. mulai dengan mengenalkan alphabet dalam bahsa inggris membuat intruksi khusus bahasa inggris, contohnya tiap rak buku di beri lebel atau identitas dalam bahasa inggris Indonesian book, Novels, English book, Drawing book dan lainnya.

Bangun Suasana Belajar yang Menyenangkan
Anak anak paling suka diajak bermain bernyanyi untuk itu kita dituntut harus bisa mensiasati bagai mana mengejar yang menyenangkan untuk anak, orang tua bisa tanyakan anaknya terlebih dahulu sebelum belajar, tawarkan kosakata mengenai animals=hewan, fruits=buah buahan, profesion= pekerjaan dan lainnya.  Manfaatkan media buku bacaan bergambar, ajak bernyanyi, bermain games dan lainnya.  

manfaatkan keadaan sekitar untuk belajar anak
dimasa pandemi dengan lebih banyak menghabiskan waktu didalam rumah tidak menutup kemungkinan kita tidak mengajarkan anak anak kita, kita bisa manfaatkan suasana ini seperti mengenal dan menghafalkan kosa kata didalam rumah contohnya kita berada di living room area= area ruang tamu, di kichen = dapur, kamar mandi, dihalaman rumah dan tempat lainnya. hal ini sangat membantu anak dan akan membuat anak lebih mudah mengingat kosa kata tersebut karna sangat familiar bagi anak.

Gunakan Aplikasi sebagai pendukung pembelajaran
Dengan teknologi yang semakin maju, hal ini membuat aplikasi untuk belajar semakin banyak. Termasuk untuk mempelajari bahasa Inggris. Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi itu untuk mengajarkan mereka bahasa Inggris supaya lebih praktis, menarik, dan menyenangkan. 

Untuk metode belajar yang diterapkan tidak harus selalu mengikuti aplikasinya keseluruhan.Cobalah ambil materi pembelajaran di aplikasi itu, kemudian ajarkan materinya menggunakan metode lainnya. Meskipun hal ini cukup memakan waktu, namun itu akan membuat anak lebih mudah mempelajari bahasa Inggris. Yang pasti, pilih aplikasi yang desainnya menarik dan warnanya cerah. Sehingga anak-anak bisa lebih tertarik karena desainnya lucu dan full colour.

Berikan anak hadiah atau reward ketika anak berhasil menambah kosa kata
Untuk meningkatkan motivasi anak supaya semakin giat mempelajari bahasa Inggris, sebaiknya selalu berikan reward ketika kosakata mereka bertambah. 

Hadiah inilah yang nantinya akan memotivasi anak-anak supaya lebih bersemangat belajar. Yang pasti, selama belajar, sebaiknya jangan terlalu terpaku pada grammar. Bila anak-anak sering melakukan kesalahan, maka fokuskan pada kemajuan mereka saja karena sudah berani mencoba berbicara dalam bahasa Inggris. Supaya minat untuk belajar bahasa Inggris tidak hilang begitu saja.

Mengajarkan anak di usia Sekolah Dasar untukmempelajari bahasa Inggrisitu tidak mudah. Anda harus lebih sabar dan rutin mengajarkan mereka berbahasa Inggris supaya anak-anak lebih mudah mengingat kosakatanya. Namun meskipun begitu sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk memaksakan mereka harus cepat ingat. Cobalah untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan supaya mereka tidak bosan belajar bahasa Inggris. disamping itu juga orang harus rajin mmengulang pelajaran dengan metode yang santai dan menyenangkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x