Mohon tunggu...
Lesterina Purba
Lesterina Purba Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Hidup hanya sebentar perbanyaklah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Buah Pisang Salah Satu Makanan Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

22 September 2021   20:55 Diperbarui: 22 September 2021   21:06 134 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar Dokpri

"Ibu, kenapa dirawat padahal  lagi hamil besar?" aku penasaran dengan teman sekamar si Ade ketika itu sedang dirawat di RS.
"Saya kurang kalium Bu, makanya dirawat di RS. Setiap hari wajib makan buah pisang," jawab ibu itu sambil mengelus perutnya yang besar.

Buah pisang buah yang paling enak dan murah menurut saya. Selain murah kaya manfaat. Kebetulan keluarga doyan makan buah pisang dan itu menurun ke buah hati. Ingat dulu masa kecil, bila ada pisang berbuah pasti salah satu dari beberapa pohon pisang dierami. Satu tandan pisang untuk 13 anak termasuk kami tanggungan Oppung. Banyak hasil buah dari ladang, jeruk, nangka, pepaya, durian dan pisang. 

Yang sering panen buah pisang. Buah pisang banyak jenisnya. Pisang raja, ambon, barangan, si minak, kepok, uli dan lain-lain. Paling suka pisang barangan dan uli. Jika dituruti bisa habis satu sisir. Ternyata si buah hati doyan juga buah pisang. Pernah beli pisang ambon dua sisir sangat besar. Matang di pohon. Hari ketiga di rumah pisang sudah menguning buah hati dari pagi hingga sore nonstop makan pisang. Pulang kerja pisangnya tinggal satu. 

Tidak hanya itu, selain bisa dimakan, goreng pisang juga makanan favorit di rumah. Jika tidak ada pisang ambon di pasar sekali seminggu saya pasti beli buah pisang uli untuk digoreng. Lebih enak pisang uli daripada pisang kepok. Buah pisang uli lebih manis. Ternyata selain digoreng dan direbus. Pisang enak juga di-mix untuk bolu kukus dan donat. Rasanya enak sekali. Sangat nyamiiiii dan lembut. Dulu sebelum pandemi saya tidak bisa namanya membuat bolu kukus dan donat.

Ternyata pandemi membuat saya lebih bisa membuat cemilan yang enak di rumah. Apalagi sekarang mudah mencari resep tinggal klik dan resep yang kita inginkan sudah berderet tinggal pilih mau yang mana. Ternyata membuat bolu pisang kukus dan donat pisang tidak susah. Tidak butuh mixer hanya dikocok dengan sendok begitu juga donat hanya diuleni hingga kalis. Saya lebih suka masak sendiri daripada beli. Karena penghuni rumah banyak. Jika beli tidak bisa tambah.

Berikut resep  donat pisang :

Resep donat pisang antara lain :
1. 1/4 kg tepung terigu
2. Dua buah pisang Sunpride bisa juga pisang Ambon
3. 1 sendok makan ragi/fermipan
4. 4 sendok makan gula pasir
5. 4 sendok makan mentega
6. Garam 1/2 sendok teh
7. 2 biji telur

Cara membuatnya sebagai berikut
1. Pertama-tama hancurkan pisang pakai garpu sampai halus

2. Telor dikocok campurkan dengan tepung kemudian diaduk

3. Dicampurkan ragi dan gula diaduk lagi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan