Mohon tunggu...
Lesley Tehuayo
Lesley Tehuayo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pattimura Personal blog https://betaleste.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar Tabel Periodik Menyenangkan

18 Juni 2021   23:34 Diperbarui: 18 Juni 2021   23:41 385 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Tabel Periodik Menyenangkan
tabel periodik (pexels.com)

Sesaat aku teringat waktu pertama kali aku masuk SMK. Saat itu aku dikenalkan dengan mata pelajaran Kimia oleh guruku. Awal pembelajaran aku tampak bersemangat. Aku sangat penasaran tentang Kimia. Aku pikir kimia itu seperti matematika dan fisika yang banyak perhitungan. Namun ada banyak perbedaan. Terkadang membuatku pusing sendiri. Hehehe.

Meskipun begitu, ada salah satu materi yang paling kusuka. Bagian yang paling aku suka dan ingin kupelajari adalah tabel periodik. Bukan tanpa alasan. Menurutku, tabel periodik hanya soal nama dan lambang unsur kimia saja, tapi ternyata tidak. 

Sebelumnya aku sudah mengetahui sedikit tentang kimia. Satu materi yang aku sangat suka adalah tentang tabel periodik unsur kimia. Hal itu lantaran aku membeli sebuah buku rangkuman IPA setara SMA. Kala itu aku masih duduk di bangku SMP kelas 8. Meskipun belum menginjakkan kaki di bangku SMA, aku suka sekali belajar materi anak SMA. Semua mata pelajaran aku pelajari.

Dari semua materi pelajaran SMA yang kupelajari. Ada yang dapat kupahami dan ada juga yang tidak. Berbeda dengan sekarang, dulu aku tidak punya gawai. Jadi, jika tidak ada yang tak kumengerti aku tidak bisa menanyakan kepada teman-temanku karena mereka tidak mengerti. Dan kalau aku menanyakan pada orang tuaku, mereka juga tidak paham.

Sampailah aku menginjakkan kaki di bangku SMK. Aku mulai belajar Kimia. Materi demi materi aku pelajari hingga tiba pada pembelajaran tabel periodik. Pertama-tama kami dikenalkan dengan lambang-lambang unsur kimia. Dengan mudahnya aku menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Aku bisa menjawabnya sebab aku sudah mempelajarinya selama hampir 2 tahun sebelum duduk di bangku SMK.

Setelah pengenalan nama, dan lambang unsur kimia, masuk pada nomor atom dan konfigurasi elektron. Awalnya sedikit membingungkan, tapi guru kami menjelaskan dengan sabar hingga kami mengerti. Begitulah pengalamanku belajar tabel periodik.

VIDEO PILIHAN