Kesehatan

Air Minum Sehat yang Baik untuk KesehatanTubuh Manusia

2 Mei 2018   17:05 Diperbarui: 15 Mei 2018   14:07 599 0 0
Air Minum Sehat yang Baik untuk KesehatanTubuh Manusia
Sumber: Pixabay.com

Air adalah sumber kehidupan yang sangat di butuhkan saat ini , terutama manusia. Manusia harus mengkonsumsi air untuk daya tahan tubuh, Mengingat tubuh manusia 60% terdiri dari air.  Karena air sangat penting, kita di anjurkan untuk meminum air sebanyak 8 gelas perhari atau 2 liter air. Manfaat air untuk menjaga sistem tubuh sangatlah penting. Misalnya, air akan membilas racun yang ada pada tubuh. Tubuh yang kekurangan cariran bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat organ tubuh mengalami dehidrasi ringan.

Sangat penting untuk mengganti air yang sudah hilang di tubuh agar tubuh kembali berfungsi dengan baik. Misalnya, saat kita beraktivitas atau olahraga, tubuh akan sangat kekurangan cairan. Saat kita menguap atau bersih, secara tidak sadar tubuh juga kekurangan cairan.

Saat ini, tidak semua air putih yang kita minum itu sehat. karena sekarang sudah bermacam macam air yang di produksi dan di jual di pasaran. Contohnya air botol, air galon, air dalam kemasan lainnya. Air kemasan biasanya menjadi pilihan praktis saat berativitas saat diluar rumah termasuk saat traveling. Padahal bahaya yang mengintai dari minuman berbahan plastik tersebut.

Berikut alasan untuk tidak meminum air dalam kemasan.

  • Menyebabkan kanker
  • Penilitian mengatakan bahwa botol terbuat dari plastik dapat menyebabkan kanker. Plastik adalah bahan yang paling sering untuk membuat botol untuk kemasan air minum.
  • Sebelum di kemas menjadi air, plastik di awetkan agar bisa bertahan dengan lama.
  • Meninggalkan jejak karbon dalam tubuh
  • Banyak yg mengira bahwa mengkonsumsi air dalam kemasan tidak berbahaya dan aman. Padahal mereka tidak tau bahwa air tersebut telah melalui perjalan jauh dari pabrik pengemasan air hingga ke lokasi tempat mereka membelinya. Selama perjalanan tersebut, air dalam botol telah terkontaminasi oleh karbon yang terdapat dalam plastik. Karbon tersebut akan bercampur dengan air yang kita minum.
  • Menyebabkan kemandulan
  • Saat plastik dan air menyatu secara terus menerus, plastik akan melepas bahan kimia yang disebut phthlate. Zat tersbut dapat menyebabkan kanker dan kemanudulan.

Setelah mengetahui air kemasan sangat berbahaya. Coba anda mengkonsumsi air rebusan sendiri. Meminum air rebusan sangat membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus seperti batuk, flu atau demam. Tidak hanya itu, air rebusan juga ampuh menyembuhkan penyakit kuning (icterus) atau penyakit tipes (thypus).

                Berikut alasan mengapa memilih air rebusan.

  • Menyehatkan pencernaan
  • Meminum air hangat yang sebelumnya direbus pada pada pagi hari adalah cara yang tepat untuk menyehatkan pencernaan karena bisa membersihkan sisa makanan dan racun.
  • Menyegarkan tenggorokan
  • Jika anda merasakan ketidaknyamanan dengan tenggorokan anda, coba anda meminum air rebusan hangat untuk mengatasinya. Tidak hanya melegakan tenggorokan, air putih rebusan juga membantu bakteri yang menempel pada tenggorokan.
  • Meningkatkan semangat
  • Manfaat meminum air rebusan dapat meningkatkan semangat. Cobalah sebelum anda beraktivitas dipagi hari, anda meminum air rebusan yang hangat.

Bukan berarti air rebusan itu sehat di konsumsi oleh manusia. Air rebusan juga harus terjamin mutunya. Karena belum tentu air yang diperoleh dari sumur rumah sendiri baik untuk di konsumsi. Butuh membawa sample air tersebut ke laboraturium untuk di uji kualitas dan kebersihannya. Hindari merebus air yang terkontaminasi seperti air keruh, berwarna kekuningan, atau berbau. Bakteri bisa mati jika direbus sampai mendidih. Asalkan air yang sudah direbus jangan direbus kembali untuk kedua kalinya. Karena, air yang sudah direbus dan direbus kembali, akan merubah susunan kimia nya yang dapat menyebabkan melemahkan sistem kerja ginjal, penyakit jantung dan tumbuhnya sel kanker.

Dari alasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa air kemasan jangan dijadikan prioritas utama. Pilihlah air rebusan dengan titik didih seratus drajat celcius dan tentunya dengan kualitas air yang sangat baik dan sudah teruji di laboraturium.