Media

SEO Merupakan Cara yang Tepat bagi Penggiat Digital Marketing

27 Februari 2018   20:34 Diperbarui: 28 Februari 2018   07:57 290 0 0
SEO Merupakan Cara yang Tepat bagi Penggiat Digital Marketing
Search Engine Optimization

Pic by Webeden

Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu cara agar bagaimana blog, website, atau situs kita berada pada halaman pertama search engine seperti Google atau Yahoo. Dalam Paul pada What is SEO?, SEO memiliki pengertian lebih kepada digital marketing atau penjualan melalui media digital. Maka dari itu sebisa mungkin situs penjualan (market site) harus dapat menduduki ranking atau peringkat pertama pada halaman mesin pencarian.

Digital marketing sering dikaitkan dengan SEO karena dengan market site yang berada pada halaman pertama mesin pencarian, maka akan lebih sering dikunjungi oleh para pencari informasi dalam internet. Dengan begitu tidak mustahil akan meningkatkan penjualan terhadap produk yang dijual.

Keuntungan Melakukan SEO

Terdapat berbagai macam keuntungan ketika kita melakukan SEO. Apalagi kita merupakan penggiat digital marketing yang sedang memasarkan produk kita. Keuntungan melakukan SEO antara lain adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan jumlah traffic atau pengunjung

Dengan kita melakukan SEO, maka pengunjung pada situs kita akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan situs kita telah berhasil berada pada posisi halaman pertama mesin pencarian.

2. Meningkatkan penjualan

Peningkatan jumlah pengunjung pada situs kita, tidak mustahil akan membuat penjualan kita juga ikut meningkat. Dengan hanya orang mengetik keyword barang atau jasa yang diinginkan, maka jika kita melakukan SEO situs kita akan langsung muncul pada posisi halaman pertama mesin pencarian dan orang akan dapat dengan mudah melihat barang atau jasa yang kita jual.

3. Daya saing bertambah

Jika situs penjualan kita berada pada halaman pertamma mesin pencarian atau bahkan pada ranking paling atas, maka daya saing juga akan meningkat. Situs-situs terkait lainnya akan berlomba untuk menduduki peringkat yang sama seperti yang kita raih.

Dasar-dasar SEO

Berikut dasar-dasar SEO yang harus diketahui ketika kamu akan memulainya. Dasar-dasar SEO di bawah ini dibuat oleh Brian Clark dalam How To Create Compelling Content that Ranks Well in Search Engines:

1. Title tag

Title tag hampir menyerupai judul artikel pada blog ada website kamu. Yang membedakan adalah title tag nantinya dibaca oleh mesin pencarian. Maka dari itu jika title tag menyerupai judul artikel (posting) yang muncul nantinya adalah judul posting (artikel) tersebut.

2. Meta description

Meta description merupakan keterangan dari halaman situs berdasarkan dari kalimat pada artikel.

3. URL

URL adalah kepanjangan dari Uniform Resource Locator yang merupakan rangkaian karakter berdasarkan format tertentu. Fungsi dari URL adalah untuk menunjukkan alamat suatu situs tertentu dalam bentuk dokumen atau gambar.

4. Heading

Heading merupakan kumpulan kata yang nantinya menjadi judul atau subjudul dalam artikel.

5. Link to Authority Site

Link to authority site adalah posting yang di dalamnya terdapat link yang dapat menuju situs-situs tertentu seperti youtube, facebook, dan lain sebagainya. Situs-situs tertentu tersebut merupakan situs yang sudah dipercaya oleh mesin pencarian (search engine) google. Cara melihat situs yang sudah dipercaya oleh google adalah melalui page rank yang dapat dilihat dari WebRank.

Langkah Meningkatkan Peringkat Website

Berdasarkan niagaweb.co.id berikut adalah langkan bagaimana agar situs yang kita ciptakan dapat berhasil menduduki peringkat pada halaman pertama mesin pencarian:

1. Berikan solusi yang relevan

Orang yang mencari informasi pada internet (mesin pencarian) pasti berdasarkan atas apa yang mereka butuhkan. Maka dari itu konten yang kita tampilkan harus relevan berdasarkan dari apa yang orang butuhkan.

2. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Penggunaan bahasa sangat penting ketika kita menuliskan suatu konten dan ingin agar apa yang kita posting mendapat ranking pada mesin pencarian. Dengan penggunaan bahasa yang umum dan mudah dipahami, maka orang akan mudah untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

3. Perhatikan struktur konten

Hal ini menjadi sangat penting karena ketika orang membaca konten dalam artikel kita, mereka akan lebih mudah menangkap jika alur yang kita buat terstruktur. Maka dari itu atur dengan baik konten yang akan dibuat, mulai dari header, paragraf, daftar, dan visual lainnya.

4. Penggunaan kata kunci

Kata kunci hampir berkaitan dengan penggunaan bahasa. Tetapi kata kunci menjadi lebih penting karena kata kunci nantinya akan menjadi sesuatu bagian yang utama pada saat orang melakukan pencarian informasi dalam mesin pencarian.