Mohon tunggu...
Leonardo Siagian
Leonardo Siagian Mohon Tunggu... Mahasiswa - a.k.a. Klops

Seorang mahasiswa jurusan Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Belum Berakhir! Mahasiswa KKN Undip Ini Sosialisasikan Cara Hidup di Masa Pandemi kepada Warga

4 Agustus 2021   16:07 Diperbarui: 4 Agustus 2021   16:30 70 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Belum Berakhir! Mahasiswa KKN Undip Ini Sosialisasikan Cara Hidup di Masa Pandemi kepada Warga
Dok. Pribadi

Pandemi Covid-19 yang sudah melanda negara kita selama kurang lebih satu tahun telah merubah banyak hal dalam kehidupan umat manusia. Salah satu aspek kehidupan manusia yang berubah yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 ini adalah cara berkehidupan manusia. Banyak cara hidup baru yang dimulai karena adanya pandemi ini, misalnya kita harus sebisanya di rumah jika tidak ada kebutuhan mendesak di luar rumah atau jika kita mau keluar rumah wajib menggunakan masker. Semua cara hidup baru tersebut muncul bertujuan agar kita bisa selalu hidup sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

Berangkat dari hal tersebut, seorang mahasiswa KKN Tim II 2020/2021 Universitas Diponegoro, Leonardo Tulus Marthin (20) mensosialisasikan kepada masyarakat RT 004/015 Kelurahan Tegal Alur Jakarta Barat tentang “Cara Hidup di Masa Pandemi Covid-19” Dalam sosialisasi ini, topik yang diangkat oleh Leonardo adalah bagaimana tata cara hidup kita di masa pandemi Covid-19, langkah-langkah menghentikan penyebaran virus Covid-19, menggunakan masker yang benar dan cara mencuci tangan yang baik dan benar. 

“Karena pandemi (Covid-19) banyak lini kehidupan masyarakat berubah, ya salah satunya cara hidup manusia. Oleh karena hal itu saya mensosialisasikan ini kepada masyarakat sebagai program KKN saya agar masyarakat bisa tau gimana sih kita harus hidup pas masa pandemi Covid ini” ujar Leonardo.

Dokumentasi Sosialisasi
Dokumentasi Sosialisasi

Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 dan melalui media Zoom ini ditanggapi positif oleh para peserta. “Saya pikir sosialisasi seperti ini bagus, karena hidup dimasa pandemi dan sebelum masa pandemi itu berbeda 180 derajat, artinya udah berbeda jauh lah. Jadinya perlu disosialisasikan lagi agar masyarakat bisa tau dan melaksanakannya sampai  akhirnya nanti pandemi (Covid-19) ini berakhir dan kita bisa hidup normal lagi” ujar salah satu peserta sosialisasi, Rubensius.

Penulis : Leonardo Tulus Marthin, Mahasiswa S-1 Program Studi Sejarah FIB Undip

Dosen Pembimbing : Dr. Heni Rizqiati, S.Pt., M.Si.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN