Mohon tunggu...
Leo Dewa Lucky Pratama
Leo Dewa Lucky Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UNUSA

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Sejarah Bahasa Indonesia dan Fungsinya bagi Bangsa Indonesia

29 Oktober 2020   23:20 Diperbarui: 29 Oktober 2020   23:25 12 1 0 Mohon Tunggu...

 Sebelum kita membahas bahasa Indonesia, kalian tau nggak sih ada berapa banyak rumpun bahasa yang ada di dunia?

Perlu kalian tahu saat ini terdapat 8 rumpun bahasa yang tersebar diseluruh dunia. Diantaranya Indogerman, Eropa, Semit, Arab, Altai, Jepang, Austronesia, Asia. Diantara 8 rumpun bahasa tersebut bahasa Indonesia masuk ke dalam rumpun bahasa Austronesia. Mengapa demikian?

Karena pada dasarnya bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Jadi tidak heran jika bahasa Indonesia memiliki kemiripan dengan bahasa melayu.

Dan perlu diingat bukan hanya bahasa Indonesia yang berasal dari rumpun Austronesia, bahasa daerah kita yang tersebar di nusantara juga berasal dari rumpun tersebut. Kita seharusnya bersyukur dan bangga karena bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa dengan penutur yang cukup banyak. Tidak hanya didalam negeri dari sabang sampai merauke, ternyata bahasa Indonesia digunakan diluar negeri contohnya negara-negara yang bersahabat dengan Indonesia. Disana banyak sekolah-sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia kepada murid-muridnya. Kita ambil contoh Korea Selatan dan Australia siswa disana diajarkan bahasa Indonesia oleh guru-guru yang berasal dari Indonesia, jadi jangan terkejut jika saat kalian pergi ke negara tersebut ada siswa yang bisa berbahasa Indonesia. 

Sebagai bahasa nasional bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting bagi bangsa ini. Bagaimana tidak, bahasa Indonesia dapat mempererat dan menyatukan seluruh rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke. Dengan bahasa Ini kita seluruh rakyat indonesia dapat berkomunikasi dan bersosialisasi tanpa kesulitan, dengan begitu kita dapat lebih mengenal satu sama lain dan timbul lah rasa persaudaaran. Ini menjadi ciri khas tersendiri dari bahasa Indonesia. Oleh karena itu tak jarang banyak turis asing yang ingin belajar bahasa Indonesia, kita  sebagai warga negara Indonesia dapat membantu mereka dalam belajar bahasa Indonesia. Mungkin setelah mereka pulang ke negara asalnya mereka akan mengajarkan bahasa Indonesia kepada keluarga mereka atau orang-orang dekat disekitar mereka. Dan secara tidak langsung kita sudah membuat bahasa indonesia dikenal semua orang di seluruh dunia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x