Mohon tunggu...
Leni Marlins
Leni Marlins Mohon Tunggu... freelancer

Suka bahas bahasa. Ibu satu anak. Kerja dari rumah. Menulis konten kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Optimalkan Fitur Instagram agar Bisnis Makin Cuan

10 Maret 2022   16:14 Diperbarui: 11 Maret 2022   09:14 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto www.pexels.com

Tahukah Anda bahwa pengguna media sosial di Indonesia hingga Januari 2022 telah mencapai 191,4 juta orang. Jumlah ini mengalami peningkatan lebih dari 12,6 persen daripada tahun sebelumnya. Hasil dari riset DataPortal ini menunjukkan bahwa 68,9 persen dari total populasi di Indonesia telah menggunakan media sosial.

Nah, salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram. Jumlah penggunanya di Indonesia hingga Januari 2022 sudah sebanyak 99,15 juta orang. Wah, angka yang fantastis ya! Artinya, ada lebih dari 99,15 juta orang yang berpotensi melihat apa pun yang kita posting di media sosial itu. Jadi, tidak heran jika banyak orang memanfaatkan Instagram untuk berbagai kepentingan, termasuk bisnis.

Tren Penggunaan Instagram

Secara personal, Instagram digunakan untuk meng-capture momen-momen terbaik dan berkesan lalu membagikannya kepada orang lain. Ada berbagai fitur yang ada di aplikasi ini untuk mengakomodasi kebutuhan penggunanya. 

Salah satu yang cukup heboh beberapa waktu lalu adalah stiker 'Add Yours yang bisa digunakan di story Instagram. Dengan memasang stiker ini saat posting story, seseorang bisa ikut membagikan hal yang relate dengan tema stiker.

Masalahnya, masih ada orang yang yang belum terlalu aware dengan keamanan data pribadi sehingga ikut-ikutan berbagi informasi sensitif melalui stiker Add Yours. Canggih sekaligus berisiko, bukan?

Tren lain yang juga semakin populer di Instagram adalah fitur Reels. Ini adalah fitur untuk membuat video singkat dengan tambahan lagu serta bisa direpost di story maupun feed. 

Kalau bisa dibandingkan, Reels hampir sama seperti TikTok yang memudahkan pengguna menikmati konten-konten video pendek yang kreatif dan menghibur.

Ternyata, bukan hanya untuk senang-senang, Instagram kini juga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis. Instagram bahkan memiliki fitur Instagram Bisnis yang ditujukan bagi para pengusaha supaya bisa lebih efektif mengelola bisnisnya. 

Sekilas, Instagram Bisnis tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan mode biasa. Hanya saja ada beberapa fitur ekstra di dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk branding usaha sekaligus meningkatkan penjualan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun