Tahukah Anda bahwa pengguna media sosial di Indonesia hingga Januari 2022 telah mencapai 191,4 juta orang. Jumlah ini mengalami peningkatan lebih dari 12,6 persen daripada tahun sebelumnya. Hasil dari riset DataPortal ini menunjukkan bahwa 68,9 persen dari total populasi di Indonesia telah menggunakan media sosial.
Nah, salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram. Jumlah penggunanya di Indonesia hingga Januari 2022 sudah sebanyak 99,15 juta orang. Wah, angka yang fantastis ya! Artinya, ada lebih dari 99,15 juta orang yang berpotensi melihat apa pun yang kita posting di media sosial itu. Jadi, tidak heran jika banyak orang memanfaatkan Instagram untuk berbagai kepentingan, termasuk bisnis.
Tren Penggunaan Instagram
Secara personal, Instagram digunakan untuk meng-capture momen-momen terbaik dan berkesan lalu membagikannya kepada orang lain. Ada berbagai fitur yang ada di aplikasi ini untuk mengakomodasi kebutuhan penggunanya.Â
Salah satu yang cukup heboh beberapa waktu lalu adalah stiker 'Add Yours yang bisa digunakan di story Instagram. Dengan memasang stiker ini saat posting story, seseorang bisa ikut membagikan hal yang relate dengan tema stiker.
Masalahnya, masih ada orang yang yang belum terlalu aware dengan keamanan data pribadi sehingga ikut-ikutan berbagi informasi sensitif melalui stiker Add Yours. Canggih sekaligus berisiko, bukan?
Tren lain yang juga semakin populer di Instagram adalah fitur Reels. Ini adalah fitur untuk membuat video singkat dengan tambahan lagu serta bisa direpost di story maupun feed.Â
Kalau bisa dibandingkan, Reels hampir sama seperti TikTok yang memudahkan pengguna menikmati konten-konten video pendek yang kreatif dan menghibur.
Ternyata, bukan hanya untuk senang-senang, Instagram kini juga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis. Instagram bahkan memiliki fitur Instagram Bisnis yang ditujukan bagi para pengusaha supaya bisa lebih efektif mengelola bisnisnya.Â
Sekilas, Instagram Bisnis tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan mode biasa. Hanya saja ada beberapa fitur ekstra di dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk branding usaha sekaligus meningkatkan penjualan.Â