Humaniora

Pentingnya Gizi Pada Anak

7 Maret 2018   18:01 Diperbarui: 7 Maret 2018   18:04 360 1 1

Status gizi menjadi sangat penting mengingat masa pertumbuhan pada 2 tahun pertama merupakan periode kritis bagi tumbuh kembang seorang anak. Kurang gizi pada anak merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama di negara yang masih berkembang. Status gizi anak secara langsung sangat dipengaruhi oleh status kesehatan mereka terutama penyakit infeksi. Data nasional menyatakan bahwa angka penyakit menular balita di beberapa negara berkembang sangatlah memprihatinkan. Melalui diagnose tenaga kesehatan dan keluhan responden, prevolensi penyakit yang menular melalui makanan dan minuman pada anak usia dini seperti : tifoid, hepatitis, dan diare sangatlah tinggi yaitu berturut-turut 1,6%, 0,6%, dan 0,9%. Sebanyak 14 daerah mempunyai prevolusi diare di atas prevolusi daerah-daerah yang lain. Hal ini terjadi karena masyarakat pada umumnya masih mempunyai perilaku higienis yang masih rendah. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah, buang air secara tidak sehat dan hanyak sebagian kecil dari masyarakat yang berperilaku higienis. Selain itu, sebagian kecil keluarga yang sudah berperilaku hidep sehat.

Dengan situasi seperti ini, akan menghambat tumbuh kembang dari anak. Pada permulaan, organ tubuh dari anak masih sederhana dan fungsinya masih belum sempurna. Lambat laun organ dan fungsinya tumbuh dan berkembang menjadi organ yang matang seperti yang dimiliki orang dewasa. Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangan dan kematangan tidak dapat dipisahkan satu sama lain untuk perkembangan yang normal. Diperlukan pertumbuhan yang bersamaan dengan kematangan fungsi dari organ-organ yang ada. Seperti yang diketahui oleh beberapa ahli gizi anak, bahwa untuk dapat tumbuh dengan baik seorang anak memerlukan zat-zat gizi dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang bagus. Ada beberapa cara untuk anak agar anak bisa bertumbuh dengan maksimal :

Pemantauan pertumbuhan

Pada bagian ini, pertumbuhan tiap-tiap organ pada anak akan di ukur tingkat kemajuan perkembangannya. Demikian pula ada anak yang dalam masa pertumbuhan mempunyai pola pertumbuhan yang sangat cepat, sehingga dalam waktu singkat telah mencapai bentuk organ yang cukup bagus.

Kurva pertumbuhan

Yang intinya orang tua memantau perkembangan dari buah hatinya, dari awal lahir sampai kedewasaan.

Zat-zat gizi

Dalam hal ini, gizi sangatlah berpengaruh penting terhadap tumbuh kembang dari seorang anak. Ada beberapa yang dibagi menjadi 3 kelompok gizi :

Zat gizi sebagai sumber energy.

Zat gizi sebagai pengganti sel untuk masa pertumbuhan.

Zat gizi untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Zat-zat gizi dibutuhkan oleh tubuh dan harus didapatkan dalam makanan sehari-hari agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan normal :

Pemeliharaan

Pertumbuhan

Perbaikan bagian yang rusak pada tubuh

Reproduksi

Kerja fisik