Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jalanku Menuju Akhir PembaTIK Kreasi

24 September 2022   01:58 Diperbarui: 24 September 2022   02:16 91 8 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jalanku Menuju Akhir PembaTIK Kreasi 

Jalan  ini memang harus dilalui, dan tidak semua jalan yang dilewati itu mulus bak jalan berhotmix. Bayangkan saja, jalan tol yang dipersiapkan menjadi jalan bebas hambatan, tetap saja terdengar ada hambatan di jalan tol. Itulah kehidupan, manusia merencanakan, Tuhan yang menentukan.

Seperti juga jalan langkah kakiku menuju Pembatik sejati, dilaluinya dengan banyak rintangan. Mulai dari bertabrakan dengan kegiatan lain, dan kadang kurang fokus menyimak uraian modul yang sejatinya sangat mudah diikuti, karena gambalangay penuturan materi pada modul - modul PembaTIK.

Pada awal mendaftar menjadi Peserta Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK, rasanya penasaran sekali. Apa sebenarnya isi dari Pelatihan MembaTIK ini, soalnya gencar sekali berseliweran flyer - flyer PembaTIK lengkap dengan Duta Rumah Belajar yang memakai selempang Khas Rumah Belajar.

Setelah bisa masuk menjadi peserta PembaTIK level 1, yaitu kelas Literasi TIK,karena dari uraian modulnya seperti biasa saja, namun istilah - istilah yang digunakan menggunakan istilah dunia TIK, jadi saya merasa keteteran. Dari penguasaan materi yang sangat rendah, membuat saya gagal LULUS PembaTIK level 1. 

Saya tidak menyerah begitu saja, mengingat kemampuan memang perlu diasah agar muncul terbiasa menerima hal - hal baru. Dengan semangat yang tinggi, saya langsung mendaftar pembaTIK level 1 Remedial. Nah, tugasnya adalah membaca ulang setiap materi dalam modul, maka tak terlewatkan sedikitpun setiap materi yang disajikan dalam  modul. Hanya pada Level 1 saja yang disediakan kelas remedial. Alhamdulillah setelah mendapat jadwal ujian lagi, saya bisa lulus PembaTIK level 1.

Begitu masuk kelas PembaTIK level 2. pembelajaran yang disampaikan lewat LMS pembaTIK level 2, semakin berat, mengingat Level 2 ini adalah kelas Implementasi TIK. Selain ujian daring, pada tugas akhir PembaTIK level 2, harus Mengunggah Video  di Youtube. Selanjutnya vidio Yutube tersebut di unggal pada Platform Merdeka Mengajar. Link dari platform Merdeka Mengajar inilah yang disematkan pada LMS PembaTIK Level 2.dan perlu diketahui, pada video yang dibuat, harus memuat tagar kemdikbud.rumah belajar dan sebagainya.

Tidak begitu lama ada pemberitahuan kelulusan PembaTIK level 2. Yang sampai saat ini membuat saya bingung adalah setiap levelnya ini bisa mengikuti provinsi mana saja. Tidak berkelanjutan dari level 1, namun bisa saja pindah provinsi. tapi saya pribadi yang mendaftar awalnya tidak diberitahu kalau masuk ke provinsi mana. Tahu - tahu supaya masuk grup nya dan diberitahukan di LMS, jiak kelas yang sedang diikuti adalah provinsi mana. Artinya kita tidak harus mengikuti kelas di  provinsi / kabupaten sendiri. Pada Daftar kelulusan  Level 2 saya menempati urutan ke 83 dari 203 peserta yang lulus.

Untuk materi level 3 ini, sesuai nama kelasnya yaitu kelas Kreasi, maak pembelajaran daringnya membahas kresai - kreasi pembelajaran digital menggunakan berbagai macam aplikasi. baik aplikasi audio pembelajaran, video pembelajaran visual dan lainya.

Untuk tugas akhir Level Kreasi ini, selain  ujian daring, Tugas Membuat kreasi pembelajaran digital yang memanfaatkan  berbagai macam aplikasi. karya konten Pembelajaran ini juga harus ada logo kemdikbud dan rumah belajar, serta ada opening dan closing khusus yang sudah ditetapkan. Bumper dan Logo sudah disiapkan pada ketentuan khusus, tinggal unduh saja. Perbedaan lainnya dari tugas level 2, pada tugas level 3 ini, kaya belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Bedanya lagi, kali ini tidak diunggah pada Platform Merdeka Mengajar, namun harus diunggah pada fitur Sumber Belajar , https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id. Setelah berhasil diunggah dan mendapatkan linknya, maka link inilah yang disematkan pada LMS PembaTIK level 3.

Mohon doa restunya saja, karena sampai tulisan ini ditayangkan, pintu masuk ujian akhir belum dibuka, jadi harus menunggu waktu yang tepat yang disediakan hanya 2 hari saja. Semoga menjadi berkah tersendiri sebagai penyemangat diri untuk selalu belajar, belajar dan belajar. Aamiin. Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan