Kesehatan

Mie Instan yang Berlebihan Berbahaya Untukmu

19 Mei 2017   07:18 Diperbarui: 19 Mei 2017   09:01 105 1 0

Mie instans adalah makanan yang siap saji tanpa harus repot-repot untuk di bumbui karana makanan mie instans ini sudah sediakan bumbu di dalam kemasan bungkusan mie instans tersebut. Tetapi mie instan yang mengintai tubuh kita sangat berbahaya . Tahukah teman-teman ku yang ku sayang tentang bahayanya jika kita keseringgan memakan mie instans? dan apa saja bahayabagi tubuh kita saat teman-teman terlalu sering mengkonsumsi mie instans atau biasa di panggil akrabnya si keriting ? Terlebih lagi jika mie instan tersebut teman-teman konsumsinya bersamaan dengan nasi. Resikonya mulai dari kegemukan bahkan kematian, Dan akan terus mengintai tubuh bagi mereka pengkonsumsi mie yang terlampau sering.

Bahkan teman-teman mungkin pernah bilang bahwa makanan yang paling enak itu adalah mie instans atau si keriting karena banyak rasa , ada rasa ayam,bakso,bawang ,telur dll . masaknya juga gambang , masak airnya , buka bungkusnya dan tinggal di seduh di dalam air yang sudah mendidih dan di masukan bumbu . tetapi’inggat teman mie itu sangat berbahaya bagi tubuh kita loh’’ sangat-sangat berbahaya .

Banyak penyakit yang kita dapat , mulai dari potensi terjadinya kegemukan dan resiko terjadi diabetes mellitus atau kencing manis, beriko terjadinya kanker, ngangguan metabolisme,

Dalam trias epid ada HOST,EJENT dan ENVIRONMENT.

  • Untuk host di sini kebanyakan dari mahasiswa atau pelajar yang tidak mau memasak di karenakan capek dari kampus atau dari sekolah.
  • Untuk ejent, bagaimana penyakit tersebut dapat di serang oleh orang tersebut, tentunya di karenakan menkomsumsi mie instans tersebut yang terlalu keseringan sehingga ada zat kiamia yang ada di mie instans tersebut dapat menyerang tubuh kita dan dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang membahayakan.
  • Dan ENVIRONMENT Lingkungan adalah sebuah faktor diluar individu yang dapat berupa lingkungan fisik, biologis, sosial, dan ekonomi. Lingkungan sangat berpengaruh dalam pola makan mahasiswa apalagi lingkungan fisik yang mungkin capek dari kampus jadi tidak sempat untuk memasak,dan juga ada factor ekonomi tidak mampu untuk membeli makanan yang jauh lebih baik dari mie instans apalagi tanggal tua jadi kita sebagai mahasiswa makan yang makanan apa adanya dan siap siap saji.

Melakukan pencegahan dengan mengunakan Teori Lawrence green, dalam teori green factor prilaku ini di tentukan oleh tiga kelompok yaitu:

  • Factor predisposes,i dalam mencegah tidak terjadinya keseringan mengkonsumsi mie instans dari pengetahuan yang kurang tahu tentang bahaya bagi tubuh kita dan menyebabkan penyakit yang mematikan, sikap juga berpengaruh karena dengan menguranggi kebiasaan sikap kita terus menerus memakan mie instans.
  • Factor pendukung, dalam factor ini untuk pencegahanya harus ada dukungan dari orang tua agar tidak harus memakan mie instans yang keseringgan dengan menambahkan uang saku karena mahasiswa tidak hanya membeli makanan saja tetapi ada peralatan kampus yang harus di beli maka makanan yang bergizi mereka tidak bisa beli karena uang tidak cukup dan juga dukunggan dari pelayanan kesehatan agar memberikan penyuluhan tentang bahaya mie instans.
  • Factor pendorong ,pelayanan kesehatan di sini sangat penting untuk mengubah dan menguatkan agar seseorang yang keseringgan makan mie instans dapat di kuranggi atau tidak memakan nya mie instans dan juga doronggan dari orang tua.

Solusi dalam starategi promkes ABG dalam menanggapi masalah ini

  • Advokasi , menyampaikan kepada pemerintah terdekat dan petugas pelayanan yang bertugas bahwa makanan mie instans sangat tidak baik bagi kesehatan kita dan kebanyakan di kalanggan mahasiswa yang masi mau merai cita-cita untuk bangsa tetapi makanannya tidak baik, dengan makanan tidak baik maka generasi kita akan sakit.
  • Bina suasana, melakukan penyuluhan kepada orang yang keseringgan memakam mie instans dengan suasana yang ceria,gembira agar orang tersebut tidak tersinggung,
  • Gerakan pemberdayaan, kita buat kantin yang sehat, karena banyak sekali mahasiswa yang malas memasak, jadi mahasiswa yang malas memasak bisa langsung beli makanan di kantin sehat, pastinya dengan makanan yang sehat dan halal.

Yang dilakukan dalam waktu dekat untuk mengurangi mengkonsumsi mie instans , di adakan seminar makanan sehat dan minuman sehat , jelas kan bahwa makanan yang sehat seperti yang memiliki kalori,serat,nabati,hewani,asam folot, kalsium, vitamin ,yodium,zat besi dan makanan yang tidak sehat seperti mie instans dll.

Pemerintah juga harus turun tanggan untuk menanggani masalah ini dengan cara menguranggi produksi makanan jadi seperti mie instans . dan pelayan kesehatan di perbanyak agar jika terjadinya hal-hal yang tidak terduga tidak kewalahan petugasnya karena pelayana kesehatan yang kurang, apalagi banyak sekali masyarakat yang keracunan makanan siap saji, jadi harus di perketad pelayanan kesehatan dan memberi sanksi kepada orang yang menjual makanan yang tidak layak di makan,