Mohon tunggu...
Lela NurMasytah
Lela NurMasytah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lela

-

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pengangguran Terbuka Apakah Masih Bisa Dicegah?

22 Januari 2022   21:56 Diperbarui: 22 Januari 2022   22:18 165 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 Sudah kita ketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 membawa beberapa dampak buruk bagi masyarakat, terutama dalam bidang ekonomi. Bahkan ada masyarakat yang kebutuhan sandang dan pangannya tidak bisa terpenuhi, karena beberapa dari mereka menganggur(tidak memiliki penghasilan). Di zaman sekarang ini mencari lowongan pekerjaan merupakan hal yang sulit dilakukan, jika bekerjapun pendapatan yang dihasilkan bisa tetap atau tidak tergantung pada pekerjaan yang dilakukan.Hal ini menyebabkan naiknya tingkat pengangguran.

Lalu apakah yang menjadi penyebab maraknya pengangguran di tanah air saat ini?.   Ada beberapa penyebab mengenai bertambahnya pengangguran di Indonesia saat ini, antara lain: karena pertambahan penduduk yang semakin besar juga harus terpenuhinya kebutuhan mereka tetapi kurangnya lapangan pekerjaan yang memadai, penyebab kedua adalah kurangnya pengetahuan dalam bidang pendidikan yang menyebabkan mereka kurang melek teknologi maksutnya semakin berubahnya zaman maka teknologi juga semakin canggih dan diperlukan kemampuan yang lebih dalam pengoperasiaannya, penyebab ketiga banyak perusahaan yang melakukan PHK kepada karyawan-karyawannya karena adanya masalah internal maupun eksternal sehingga menyebabkan banyak karyawan yang kehilangan pekerjaannya ataupun sulit mendapat pekerjaan kembali dan menjadi pengangguran, penyebab lain misalnya para buruh tidak mendapatkan hasil yang sepadan dengan apa yang sudah ia kerjakan.Hal ini terjadi karena masalah diskriminasi ras,gender,agama yang menyebabkan banyak pengunduran diri bahkan sampai ada demo buruh yang marak terjadi. 

 Saat ini jenis pengangguran yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah pengangguran terbuka, pengangguran jenis ini merupakan pengangguran yang paling marak terjadi di tanah air saat ini. Pengangguran terbuka adalah mereka yang tidak memiliki pekerjaan atau bahkan mereka yang sedang mencari pekerjaan, mereka yang tidak punya pekerjaan dan tidak berniat mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan tersebut. Contoh pengangguran terbuka: seseorang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi dan sedang mencari pekerjaan atau mereka sudah melamar dan sedang menunggu panggilan kerja dari perusahaan/ instansi, kedua seseorang yang sudah lulus dari dunia perkuliahan atau tamatan SMA/SMK yang tidak mencari pekerjaan dahulu atau istirahat sejenak tidak ingin bekerja, ketiga seorang sarjana yang ahli dalam bidangnya namun belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi atau keahliannya.

Banyak alasan yang melatarbelakangi mereka dalam hal tersebut diantaranya: Biasanya kebanyakan dari mereka lebih memilih pekerjaan yang cocok untuk mereka tekuni atau adanya alasan lain seperti (domisili) tempat kerja, gaji, minat/bakat yang dimiliki yang menjadi tolak ukur mereka dalam mencari pekerjaan.Dan alasan istirahat dahulu tadi yakni belum adanya niat dari mereka untuk mencari/melamar pekerjaan. Hal tersebut menjadi penyebab lama atau pendeknya masa pengangguran.Jadi apakah pengangguran semacam ini masih bisa dicegah, jawabannya bisa. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah pengangguran terbuka ini adalah:

  • Pertama: meningkatkan kualitas pendidikan, salah satu alasan mengapa masih banyak anak Indonesia tidak bersekolah karena kurangnya dana apalagi saat ini dengan adanya Pandemi yang segalanya dilakukan melalui handphone masih banyak pelajar yang tidak memiliki handphone sebagai media belajar(karena tidak semua orang tuanya mampu untuk membeli). Juga perlunya pengadaan BOS bagi pelajar yang kurang mampu secara finansial, karena bagaimanapun setiap anak berhak untuk mengenyam pendidikan dari dasar sampai menengah.Dengan begitu mereka akan medapatkan ilmu dan keterampilan untuk bisa ditanamkan saat memasuki dunia kerja.
  • Kedua: Meningkatkan jumlah lowongan pekerjaan, dengan banyaknya pengangguran saat ini hendaknya pemerintah bekerja sama dengan berbagai instansi ataupun perusahaan untuk meningkatkan jumlah lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja tersebut.Anda sendiri juga pasti sudah mengetahui bahwa mencari lowongan pekerjaan saat ini sangat susah dilakukan bahkan di media sosial saat ini banyak karyawan yang melakukan PHK dengan alasan- alasan tertentu.Bahkan juga banyak masyarakat yang memilih untuk berdagang alih-alih bekerja di bawah perusahaan.
  • Ketiga: mengadakan pelatihan-pelatihan. Penyediaan latihan-latihan bagi para calon pekerja sangat diperlukan sebelum mereka mulai memasuki dunia kerja, disana mereka akan diajarkan mengenai keterampilan, cara, dan bagaimana sikap yang harus dilakukan sebagai pekerja/karyawan. Contohnya mengadakan pelatihan pada praktik komputer, bengkel, pelatihan bahasa bagi tenaga kerja asing misalnya hal tersebut bertujuan untuk mengetahui skill atau kemampuan yang mereka miliki.
  • Keempat: melakukan diversifikasi ekonomi ialah usaha penganekaragaman produk atau usaha dari perusahaan untuk memaksimalkan keuntungannya untuk meningkatkan perekonomian, dengan ini pasti perusahaan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja untuk mendukung proses produksinya agar dapat mencapai keuntungan maksimum. Dengan adanya cara ini diharapkan dapat mencegah adanya pengangguran yang marak terjadi.                                                                                                               Dengan adanya beberapa cara diatas diharapkan hal tersebut dapat mencegah dan juga dapat menanggulangi adanya pengangguran. Sekali lagi pengangguran jenis ini tidak hanya terjadi akibat faktor dari luar tetapi juga bisa faktor dari dalam, dan diharapkan pemerintah dapat menanggulangi atau bahkan mencegah adanya pengangguran ini baik di masa kini maupun di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan