Mohon tunggu...
KKN 477
KKN 477 Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Kelompok mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan Inovasi Pembuatan Bouquet Produk UMKM dan Penutupan Kegiatan KKN 477 UMD 2022

22 Agustus 2022   09:47 Diperbarui: 22 Agustus 2022   09:49 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Inovasi Pembuatan Bouquet Produk UMKM (Dokpri)

Setelah memperkenalkan produk-produk UMKM Desa Sumbersuko ke pabrik-pabrik yang ada di Desa Sumbersuko dengan kreasi desain kemasan dalam bentuk parsel dan bouquet serta menyerahkan katalog produk, kami memiliki program khusus untuk meneruskan apa yang sudah kami inisiasi sebelumnya kepada para pelaku usaha di Desa Sumbersuko. Tujuan kami mengenalkan produk-produk UMKM dalam bentuk parsel dan bouquet ke pabrik-pabrik adalah agar produk-produk tersebut dalam penjualannya punya pasar yang lebih luas, khususnya bisa lebih dikenal oleh perusahaan-perusahaan. Tentunya hal tersebut tidak dapat tercapai apabila pemasaran produk terhenti hanya sampai kegiatan kami saja. Oleh karena itu, kami mengadakan program pelatihan pembuatan bouquet produk UMKM Desa Sumbersuko.

Kami melaksanakan program "Pelatihan Inovasi Pembuatan Bouquet Produk UMKM" pada tanggal 17 Agustus 2022 yang bertempat di Balai Desa Sumbersuko. Pelatihan ini dihadiri oleh para pelaku usaha Desa Sumbersuko yang dinaungi oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Ds. Sumbersuko, Kec. Gempol, Kab. Pasuruan. Pada acara ini juga hadir Bapak Kepala Desa Sumbersuko, H. Saiful Ma'arif. Para pelaku usaha yang hadir terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan pembuatan bouquet.

Dengan dilaksanakannya pelatihan pembuatan bouquet produk UMKM Desa Sumbersuko ini diharapkan dapat memberikan inspirasi baru kepada para pelaku usaha di Desa Sumbersuko dalam segi pengemasan dan agar kegiatan yang telah kami lakukan dapat terus bergerak sebagai program yang berkelanjutan. Alasan kami memilih pengemasan produk dalam bentuk bouquet ini dikarenakan bouquet merupakan bentuk kemasan yang sedang trend di kalangan milenial saat ini. Selain itu, design bouquet sederhana namun menarik dan sangat fleksibel untuk digunakan dalam berbagai acara serta bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya pun mudah ditemukan.

Selain memperkenalkan produk-produk UMKM lokal ke pabrik-pabrik yang ada di Desa Sumbersuko, kami juga mempromosikan produk tersebut lewat media sosial. Seperti yang diketahui, pada era digital saat ini media sosial telah menjadi trend dalam komunikasi pemasaran. Media sosial telah digunakan untuk membantu pemasaran produk maupun jasa dan sebagai media untuk komunikasi antara pelanggan dan pemasok. Dengan akses yang mudah dan cepat, media sosial dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk lebih berani mempromosikan produknya karena jaringan internet yang sangat luas. Karena hal tersebut, kami memanfaatkan media sosial berupa Instagram dan TikTok (@umkmsumbersuko) yang saat ini sedang booming untuk mempromosikan produk-produk UMKM Desa Sumbersuko sebagai media pemasaran yang efektif agar bisa menjangkau masyarakat luas. Nantinya, akun Instagram dan TikTok yang telah kami buat diserahkan kepada perwakilan dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) agar program yang kami buat dapat diteruskan dan dikelola lebih lanjut oleh para pelaku usaha Desa Sumbersuko.

Gelar Produk Unggulan UMKM Desa Sumbersuko (Dokpri)
Gelar Produk Unggulan UMKM Desa Sumbersuko (Dokpri)

Pada hari Minggu, 21 Agustus 2022 dilakukan gelar produk unggulan UMKM Desa Sumbersuko bersamaan dengan diadakannya car free day dan jalan sehat sekaligus sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Acara ini dimulai sejak pukul 6 pagi dan diikuti oleh seluruh warga Desa Sumbersuko dengan antusiasme yang tinggi. Acara ini juga dapat menjadi media promosi untuk produk unggulan UMKM Desa Sumbersuko. Tidak hanya untuk produk unggulan, pada kegiatan ini juga terdapat booth untuk berbagai macam produk makanan maupun jajanan yang dijual oleh warga Desa Sumbersuko.

Penutupan dan Pelepasan Kegiatan KKN 477 UMD 2022 (Dokpri)
Penutupan dan Pelepasan Kegiatan KKN 477 UMD 2022 (Dokpri)

Malamnya, kami melakukan kegiatan pelepasan serta penutupan kegiatan KKN 477 UMD 2022 di Balai Desa Sumbersuko. Acara ini diikuti oleh perangkat desa serta ketua dan perwakilan KUB yang selama ini telah membantu kami dalam menjalankan tugas kami. Dalam acara ini, kami juga melakukan penyerahan NIB serta katalog produk UMKM Sumbersuko kepada Kepala Desa sebagai bukti telah dilakukannya program kerja kami. Selain itu, kami juga memberikan media sosial UMKM Sumbersuko sebagai media promosi berkelanjutan dan bukti telah dilakukannya pelatihan inovasi pembuatan bouquet produk kepada Ketua dan perwakilan KUB. Tak lupa, kami menyerahkan cinderamata yang telah kami siapkan kepada Kepala Desa sebagai tanda terima kasih dari kami. Acara ditutup dengan sesi foto bersama. Kelompok KKN 477 berterimakasih sebesar-besarnya kepada Kepala Desa Sumbersuko dan semua warga Desa Sumbersuko yang telah menyambut kami dengan hangat dan selalu siap membantu kami selama kegiatan KKN.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan