Mohon tunggu...
Lefia Nur Amanah Putri
Lefia Nur Amanah Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi KKN TEMATIK UPI 2021

Hallo, terima kasih sudah mengunjungi profil saya. Semoga Bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah secara Daring di SDN 064 Padasuka

29 Juli 2021   12:10 Diperbarui: 29 Juli 2021   12:34 115 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah secara Daring di SDN 064 Padasuka
(dokpri)

Sudah memasuki tahun ke-2 pandemi Covid-19 ini menghantui dunia termasuk Indonesia. Namun bukannya sirna, malah belakangan grafiknya mengalami kenaikan. Akibatnya Pemerintah Indonesia kembali mengeluarkan kebijakan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Indonesia khususnya daerah Jawa dan Bali. Hal ini mengakibatkan seluruh jenjang lembaga pendidikan di Indonesia terdampak imbas yang besar dalam masa pandemi ini.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ikut berperan dalam penanggulangan dampak Covid-19 melalui pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik). KKN Tematik kali ini bertemakan "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi sebagai Implementasi Merdeka Belajar Kampus Mengajar Pada Masa Pandemi" atau disebut KKN Tematik MDBPE-MBKM. Adapun kegiatan KKN ini dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli-30 Juli 2021 selama satu bulan dengan minimal waktu efektif pelaksanaan sebanyak 120 jam.

Lefia Nur Amanah Putri, Mahasiswa UPI jurusan Manajemen merupakan salah satu peserta KKN Tematik UPI tahun 2021. Tema yang dipilih dalam kegiatan KKN Tematik ini adalah Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan. Kegiatan KKN Tematik dilaksanakan di SDN 064 Padasuka yang berlokasi di kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Pada pertengahan tahun ini lembaga pendidikan sedang memasuki tahun ajaran baru. Pada umumnya siswa akan diberikan kegiatan pra sekolah. Salah satu kegiatan KKN yang dilakukan oleh penulis yaitu mempersiapkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau disingkat menjadi MPLS serta memandu acara tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa-siswi dengan lingkungan sekolah yang di dalam nya berisikan pengenalan lingkungan sekolah, tenaga pendidik, dan peserta didik. 

Kegiatan MPLS ini dilakukan di SDN 064 Padasuka secara daring selama 4 Hari melalui Google Meet dan Whatsapp Group. Dalam kegiatan ini, pihak sekolah memperkenalkan Lingkungan Sekolah dengan memperlihatkan video profil sekolah. Kemudian guru-guru membuat video perkenalan singkat serta menyampaikan beberapa materi mengenai pengenalan sekolah. 

Agar siswa siswi lebih saling mengenal, ditugaskan juga untuk membuat video perkenalan singkat yang berisikan sapaan dan perkenalan identitas diri yang dikirim melalui Whatsapp group kelas. Walaupun kegiatan ini dilakukan secara daring, namun siswa siswi sangat antusias mengikutinya. Diharapkan kegiatan MPLS ini menjadi kegiatan yang berkesan sebelum mengawali pembelajaran di SDN 064 Padasuka.

Kegiatan KKN yang lainnya yaitu memberikan pendampingan kepada guru, siswa siswi, dan orang tua murid melalui Whatsapp Group. Tidak hanya itu, penulis juga ikut serta dalam membantu administrasi guru seperti merekap absensi dan nilai siswa. Program selanjutnya yaitu membuat media pembelajaran berupa video animasi tentang sopan santun dan tentang Covid-19 sebagai pengetahuan bagi siswa-siswi yang diunggah di Youtube akun Lefia Nur Amanah Putri. Kemudian penulis juga membuat beberapa poster seputar covid-19 dan seputar pembelajaran daring yang diunggah pada media sosial seperti Whatsapp dan Instagram dengan username @lefia_kknupi.

Diharapkan dengan adanya KKN Tematik UPI 2021 dalam bidang pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Penulis :

Lefia Nur Amanah Putri

Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

DPL : Dr. Cik Suabuana, M.Pd.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN