Mohon tunggu...
UCARE INDONESIA
UCARE INDONESIA Mohon Tunggu... Administrasi - Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengenal Rahasia Alam Barzakh

25 November 2022   16:45 Diperbarui: 25 November 2022   16:46 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: freepik.com/mdjaff

Apakah semua yang sudah mati akan langsung menjalani kehidupan di alam akhirat?

Setelah kematian, sebelum kita hidup di alam akhirat, kita terlebih dahulu akan menjalani kehidupan di alam barzakh atau alam kubur. Alam barzakh adalah alam kehidupan tempat kita menunggu datangnya hari kiamat dan hari kebangkitan.

Kata "barzakh" berasal dari bahasa Arab yang artinya segala sesuatu yang memisahkan dua hal atau dua tempat dengan adanya pembatas atau dinding. Pengertian ini telah disebut Allah SWT melalui salah satu firman-Nya:

Artinya: "Dia membiarkan dua lautan mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu, di antara keduanya ada batas (barzakh) yang tidak dilampaui oleh masing-masing." (QS. Ar- Rahmaan [55]: 19-20)

Dari ayat di atas, jelaslah bahwa kehidupan kita tidak berakhir dengan adanya kematian. Kehidupan kita masih akan terus berlanjut, yaitu menuju alam barzakh untuk menunggu datangnya hari terakhir. Walaupun disebut sebagai peralihan alam, yaitu alam untuk menunggu datangnya hari kebangkitan, tapi kehidupan di alam barzakh bukanlah kehidupan yang singkat.

Kehidupan di alam barzakh merupakan kehidupan yang panjang dan penuh dengan banyak kesulitan dan rintangan. Di alam ini, kita akan diserbu dengan berbagai macam pertanyaan oleh Malaikat Munkar dan Nakir terkait kehidupan kita di dunia.

Jika kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kita akan mendapatkan kenikmatan kubur, bisa merasakan segarnya udara surga, dan bisa menikmati sejuknya alam barzakh Sebaliknya, jika kita tidak bisa menjawab pertanyaan yang di- ajukan oleh Malaikat Munkar dan Nakir, maka kita akan celaka; menanti datangnya hari kebangkitan dengan perasaan takut dan gelisah, serta terus-menerus disiksa oleh Malaikat Munkar dan Nakir.

Namun, kehidupan alam barzakh bukanlah perpanjangan kehidupan alam dunia. Tempat dan bentuk alam barzakh sama sekali berbeda dengan alam di dunia. Seseorang yang sudah berada di alam barzakh, tidak akan bisa kembali ke alam dunia.

Bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah ketika hidup di dunia, mereka akan mendapatkan kemudahan dan kenikmatan di alam barzakh. Sebaliknya, orang-orang yang mengingkari Allah ketika hidup di dunia akan mendapatkan banyak sekali kesulitan dan siksaan demi siksaan yang diberikan silih berganti tanpa adanya kesudahan.

Rasulullah saw pernah pernah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun