Mohon tunggu...
Andrian Rizqullah Allaam
Andrian Rizqullah Allaam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lelaki

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sejarah Masjid Kobe

27 Juli 2021   13:30 Diperbarui: 27 Juli 2021   13:34 36 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Masjid Kobe
Masjid Kobe republika.co.id

Masjid Kobe, masjid yg kaya akan sejarah pada Jepang ini adalah masjid pertama yg berdiri pada negara mentari terbit tadi. Lantaran hal itu Masjid Kobe sudah biasa dikatakan masjid tertua pada Jepang. Sebelum Perang Dunia II masjid ini telah dibangun, yaitu tahun 1935.

Pada tahun 1943, Masjid Kobe pernah sempat disita sang Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, tetapi penyitaan tadi nir berlangsung usang lantaran adanya pembubaran menurut Angkatan Laut tadi pada beberapa tahun ke depannya. Masjid Kobe hingga kini telah sanggup dikunjungi buat loka beribadah umat muslim.

Pada awal dibangunnya Masjid Kobe, penganut kepercayaan Islam pada Jepang masih sedikit, tetapi terlihat adanya perkembangan pada mana masjid pertama tadi bisa dibangun di Jepang. Dibangunnya Masjid Kobe merupakan pencetus berkembangnya kepercayaan Islam di Jepang itu sendiri dikarenakan selesainya masjid tadi dibangun, nir usang lalu terdapat lagi masjid yg dibangun, & begitu seterusnya.

Perkembangan Islam dalam masa tadi memang terasa sangat lambat yg ditimbulkan jua menggunakan adanya perang global II yg relatif merusak dakwah-dakwah yg ingin dilakukan. Buktinya dalam masa itu masih belum terdapat orang Jepang orisinil yg mengelola & bahkan belum terdapat yg sebagai imam pada masjid yg telah dibangun, terkecuali Syaikh Ibrahim Sawada, imam dalam Ahlulbayt Islamic Centre pada Tokyo.

 

Sejarah Masjid Kobe 

Pada tahun 1920-an telah timbul ihwal pembuatan masjid lantaran adanya komunitas islam yg terjalin pada kota Kobe. Saat itu jua diputuskan jua adanya pembangunan masjid yg bernama Masjid Kobe yg mulai dibangun dalam tahun 1928. Komite Masjid Kobe jua terbentuk dalam tahun 1928. Ada beberapa pengusaha berdari India & Mesir yg berkeliling global buat mencarikan bantuan buat pembangunan Masjid pertama pada Jepang tadi.

Opening ceremony Masjid Kobe arrahmah.id
Opening ceremony Masjid Kobe arrahmah.id

Penggalangan dana tadi memakan ketika selama lebih kurang lima tahun & memulai pembangunannya dalam tahun 1934. Ketua Komite Masjid, Ferozuddin, yang adalah pengusaha kaya raya pada India turut ikut bantuan buat pembangunan Masjid Kobe. Beliau mendonasikan uang sebanyak 66 ribu Yen buat pembangunan masjid tadi. Kemudian dibelilah huma dalam tahun 1934 buat menciptakan Masjid tadi & terdapat jua tokoh yg meletakkan batu pertama kali yg bernama Muhammad Bochia, yaitu orang yg paling bertanggung jawab menggunakan pembangunan Masjid Kobe.

Pengeboman kota Kobe 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN