Mohon tunggu...
Laurentius Farel
Laurentius Farel Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Siswa

Suka nonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Apa Itu Teknologi Informasi?

3 Oktober 2022   20:41 Diperbarui: 3 Oktober 2022   20:45 203 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seiring berkembangnya teknologi, terjadi banyak perubahan lifestyle, etika, dan budaya bekerja. Salah satu akibat perubahan tersebut dikarenakan penyebaran berbagai informasi yang dipermudah melalui teknologi. Sekarang, dengan mudahnya pertukaran informasi maka membuka peluang yang besar untuk pekerjaan-pekerjaan baru karena banyak sekali tenaga ahli yang diperlukan dalam bidang teknologi. 

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi dibagi menjadi dua bagian yaitu teknologi dan informasi. Teknologi adalah seluruh sarana yang digunakan manusia untuk mempermudah kehidupannya, sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data dari data mentah sehingga memiliki nilai lebih tinggi. Dengan itu teknologi informasi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan proses pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran informasi data-data tersebut.

Efek Teknologi Informasi

Efek dari teknologi informasi selain mempermudah pertukaran informasi adalah munculnya komputer. Komputer merupakan salah satu terobosan teknologi, namun bukan hanya itu saja, masih terdapat Modem, Router, Oracle, SAP, Printer, Multimedia, Cabling System, VSAT, dan banyak lainnya yang merupakan hasil produk teknologi informatika. Dalam kehidupan kita apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi merupakan efek dari teknologi informatika.

Manfaat Teknologi Informasi

Terdapat banyak sekali manfaat teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari terutama di bidang pendidikan industri, internet, dan berbagai bisnis lainnya. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital dalam dunia bisnis dan pendidikan, tanpa adanya teknologi informasi maka cenderung akan kendor dan terancam bangkrut. Pada akhirnya, banyak bisnis yang beralih untuk memanfaatkan teknologi ini dan membuka peluang untuk pekerjaan-pekerjaan baru. Beberapa contoh pekerjaan ini yaitu Business Analyst, Web Developer, Project Manager, dll.

Teknologi merupakan salah satu puncak dari era ini dan semakin lama teknologi akan menjadi lebih canggih hingga semua hal-hal yang tidak penting bisa dikerjakan oleh teknologi sendiri dan kita hanya perlu bekerja dan tidak memikirkan banyak hal. Sama halnya dengan teknologi informasi, semakin lama teknologi informasi akan berkembang dan memiliki potensi yang tidak terbatas, layaknya pohon yang memiliki banyak daun dan cabang untuk menghasilkan buah yang akan melanjutkan ke era selanjutnya. 

Namun, hasil teknologi informasi tidak semuanya baik, terdapat beberapa efek samping dan penyalahgunaan. Salah satu contohnya adalah hoax. Hoax adalah penyalahgunaan teknologi informasi dengan cara mengirim informasi yang salah atau palsu kepada orang lain melalui berbagai media informasi. Selain itu, untuk beberapa tahun kedepan, kompetisi dalam pekerjaan bidang teknologi informasi akan melonjak. Meskipun itu terlihat bagus namun, dampaknya beberapa bidang pekerjaan yang penting seperti pertanian akan terlupakan.

Hal-hal negatif ini memang merugikan banyak pihak, namun jika kita bisa mengontrol diri sendiri maka hal-hal negatif tidak akan berdampak pada kita. Sebagai pribadi masa depan, kita perlu mengontrol diri dalam memberi informasi, dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah, serta kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Oleh karena itu, kesimpulan yang bisa didapatkan adalah teknologi informasi memiliki banyak kegunaan terutama dalam informasi sendiri dan kita sebagai penggunanya harus mempunyai kemampuan untuk mengontrol, agar perkembangan teknologi informasi bisa sesuai dengan jalannya perkembangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan