Mohon tunggu...
Latifah Firdausah
Latifah Firdausah Mohon Tunggu... Lainnya - communication student

Cause whatever u do, people will always fine something to say

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sharing with Media Practitioner Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta

4 November 2020   19:55 Diperbarui: 4 November 2020   20:18 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu, 4 November 2020 Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Mata Kuliah Manajemen Media Massa dengan dosen pengampu Marisa Puspita Sary, M.Si mengadakan acara Sharing with Media Practitioner dengan narasumber Saeful Imam, S.Sos. (Editor Nakita dan GridHits)


GridNetwork merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. GridNetwork memiliki website sebanyak 44, akun Facebook sebanyak 49, akun Instagram sebanyak 54, dan channel Youtube sebanyak 30. Dari 44 website yang dimiliki GridNetwork, beliau bekerja pada website Hits dan Nakita. 

Untuk website Nakita pasarnya ditujukan kepada orang dengan usia 25-35 tahun, pada website ini pokok bahasannya yaitu tentang kehamilan, kesehatan, dan parenting, gaya bahasa yang digunakan cenderung baku dan biasanya formal, website ini memiliki channel digital seperti instagram, twitter, facebook, dan youtube. 

Untuk website GridHits ditujukan kepada orang dengan rentang usia 20-40 tahun, pokok bahasannya yaitu hal-hal yang popular atau viral seperti gosip, berita, dan sebagainya, gaya bahasa yang digunakan juga lebih menarik dan popular. Website GridNetwork menempati posisi ke enam sebagai website terbesar versi Alexa.

Saat sesi tanya jawab ada peserta yang bertanya jika ingin membangun bisnis website, kompentensi dan visi misi apa yang harus dimiliki? Pak Saeful menyarankan ada 3 orang yang membuat website, siapkan modal atau mencari investor, dan miliki kemampuan untuk menulis dan dalam bidang IT. Jika views website nya sudah banyak maka dapat berdiri sendiri atau justru dilirik oleh perusahaan besar. 

Contohnya kumparan yang didirikan oleh individu namun karena website nya bagus jadi dilirik dan dibeli oleh perusahaan gudang garam. Dan pendirinya pun mendapatkan saham.

Selanjutnya peserta bertanya apakah ada trik supaya artikel memiliki banyak views selain dengan clickbait? Menurut pak Saeful tidak selamanya yang clickbait banyak dibaca dan yang tidak clickbait memliki sedikit pembaca. Beberapa trik supaya artikel memiliki banyak views yaitu :
a. Harus ada artikel inspirasi
b. Menjadi yang pertama dalam menulis peristiwa breaking news
c. Memiliki artikel tentang informasi-informasi tips
d. Dan related dengan kehidupan

Dan terakhir peserta bertanya mungkinkah pendapatan di media digital nantinya akan didominasi oleh Google Ads daripada direct sealing? Dan jawaban pak Saeful perusahaan lebih suka memasang iklan di Google Ads sebab lebih ekonomis dan bisa menyasar segment yang pas. Meskipun begitu prospek direct sealing masih ada.

Kuliah Virtual ini bertujuan mendekatkan Mahasiswa dengan kondisi faktual dalam mengelola media massa khususnya website. Selain itu juga dapat memberikan bekal wawasan dan pengetahuan tentang cara membuat website dan hal-hal yang mendukung suksesnya eksistensi website ditengah kondisi pandemi.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun